Gagasan Pembentukan Segitiga Pertumbuhan Australia-Indonesia-Timor Leste

3/28/2014

 

?

Konsul RI Darwin, Bapak Ade Padmo Sarwono, telah hadir dan menjadi nara sumber pada ”Seminar Nasional Pengembangan Kawasan Segitiga Pertumbuhan Nusa Tenggara Timur-Timor Leste- Northern Territory”, di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, pada tanggal 20 Maret 2014.

 

Drs. Frans Lebu Raya, Gubernur NTT telah membuka secara resmi Seminar yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di Provinsi NTT, Bupati/Walikota di NTT, KADIN NTT, media massa dan undangan lainnya.

 

Konsul RI Darwin dalam paparannya mengenai potensi Northern Territory dan prospek kerja sama Segitiga Pertumbuhan tersebut menyampaikan bahwa konektivitas menjadi kunci penting dalam merealisasikan kerja sama ini. Konsul RI Darwin juga menyambut baik rencana pengusaha Australia untuk membuka jalur laut (kapal ferry) antara Darwin-Kupang. Untuk itu, diharapkan dukungan dari berbagai pihak termasuk identifikasi produk ekspor-impor yang dapat dilakuan serta potensi penumpang antar kedua negara. Jalur laut ini diharapkan dapat diperluas dalam kerangka mendukung Segitiga Pertumbuhan.

 

Konsul RI menyampaikan pula mengenai peluang kerja sama yang dapat dijajaki misalnya di bidang perdagangan, ekspor dan investasi sapi potong, pertanian, pendidikan dan pariwisata. Di bidang pariwisata, Konsul menegaskan bahwa untuk menarik wisatawan mancanegara ke NTT selain faktor keamanan juga harus diperhatikan mengenai faktor kenyamanan misalnya fasilitas dan pelayanan di bandara, hotel dan obyek wisata. Konsul RI Darwin juga terbuka apabila Provinsi NTT ingin menawarkan berbagai paket wisata dan atau melaksanakan pameran perdagangan di NT.

 

 

Darwin, 25 Maret 2014

seminar kupang1.jpg

Konsul RI Darwin, Bapak Ade Padmo Sarwono menjadi pembicara pada Sesi II dengan moderator Bapak Abraham Liyanto, Anggota DPD / Ketua Kadin NTT (kiri).