WNI di Dar Ramaikan Pemilu

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada 6 Juli 2014 lalu, Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia digelar di Dar es Salaam, Tanzania.  Sebanyak 34 WNI berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut. Dengan antusias mereka datang ke Kedutaan Besar Indonesia yang berlokasi di Ali Hassan Mwinyi Road sebagai TPS untuk memberikan suaranya.

Pada hari pemilihan, Duta Besar Indonesia untuk Tanzania merangkap Rwanda, Burundi, dan Komoro Zakaria Anshar beserta istri juga memberikan suara. Pemilu berlangsung dengan lancar. WNI yang tinggal di Dar es Salaam sangat antusias memilih pemimpin baru yang akan menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menyelesaikan masa jabatannya pada Oktober mendatang setelah 10 tahun berkuasa.

 
Pada 9 Juli 2014, dilakukan penghitungan surat suara yang ada di TPS Dar es Salaam. Proses penghitungan surat suara dilakukan sesuai dengan prosedur Pemilu yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 


Sebanyak 34 pemilih memberikan suaranya langsung ke TPS. Sementara itu, 33 surat suara lainnya dikirimkan melalui pos ke beberapa daerah di Tanzania dan negara rangkapan antara lain Zanzibar, Pemba, Moshi, Kilimanjaro, Arusha, Sengerema, Bukoba, Shinyanga, dan Kigali (Rwanda). Surat suara yang dikirimkan melalui pos akan dihitung pada 14 Juli 2014.