Petemuan Direktur Afrika Kemlu RI dan Pejabat Zanzibar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Disela-sela kunjungannya menghadiri pertemuan Joint Agriculture Cooperation Committee II (JACC II), Direktur Afrika dan staf Kemlu RI, KUAI Dar es Salaam dan Pelaksana Fungsi Pensosbud serta Kapus Pendidikan, Standarisasi dan Sertifikasi Profesi Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian RI telah melakukan pertemuan dengan 2 (dua) pejabat senior di Zanzibar. Pertemuan berlangsung pada tanggal 6 Desember 2012 dengan Direktur Zanzibar Office Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Tanzania, Dubes Silimba Kombohaji dan Principal Secretary (Sekretaris Jenderal) Kementerian Pertanian dan Sumber Daya Alam Zanzibar, Mr. Affan O. Maalim.
 
Dalam pertemuan itu Direktur Afrika dan delegasi menegaskan komitmen Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan Tanzania, termasuk dalam hal ini dengan Zanzibar, dalam berbagai bidang termasuk ekonomi, perdagangan, capacity building (termasuk sektor pertanian) dan kerja sama sosial-budaya.
 
Pihak Zanzibar menyampaikan penghargaan atas kerja sama capacity building dengan Indonesia selama ini dan sangat mengharapkan peningkatan kerja sama ke depannya. Ditekankan bahwa kerja sama dengan Indonesia kiranya dapat difokuskan yang sesuai dengan karakter dan prioritas Zanzibar, termasuk penelitian dan market access terkait dengan pertanian dan perdagangan cengkeh.
 
Mr. Affan O. Maalim juga menyampaikan keinginan masyarakat di Zanzibar untuk mendapatkan pelatihan khususnya di bidang pertanian, dimana sebelumnya juga telah mendapatkan pelatihan singkat. Selain itu, juga disampaikan keinginan masyarakat di Zanzibar untuk mendapatkan beasiswa guna meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, khususnya aparatur di lingkungan pemerintahan.
 
Menanggapi permintaan tersebut, Direktur Afrika menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk memperkuat hubungan dan kerja sama yang telah berjalan, termasuk capacity building, secara menyeluruh baik dengan mainland Tanzania dan juga Zanzibar. (KBRI Dar es Salaam).