Peringatan HUT ASEAN ke-45 di Tanzania

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertepatan dengan HUT ASEAN ke-45 Tahun 2012 yang jatuh pada tanggal 8 Agustus 2012, bertempat di Wisma Duta KBRI Dar es Salaam telah diselenggarakan resepsi HUT ASEAN. Hadir dalam resepsi tersebut lebih kurang 110 undangan dari Kemlu, kalangan diplomatik dan wakil-wakil masyarakat negara anggota ASEAN di Dar es Salaam. Acara diawali dengan penaikan bendera ASEAN diiringi dengan ASEAN Anthem, dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar RI, Bapak Yudhistiranto Sungadi dan diakhiri dengan mendengarkan Hymne ASEAN.

Perwakilan asing yang menghadiri acara tersebut yaitu masing-masing Dubes AS, India, Jepang, Korsel, Rusia, Vietnam, KUAI Cina, KUAI Belgie, Ka Divisi Politik, Press dan Informasi UE selaku KUAI Delegasi UE serta Konhor Bangladesh. Adapun wakil-wakil masyarakat negara anggota ASEAN yang ikut memeriahkan acara tersebut selain dari Indonesia, juga dari Filipina, Malaysia, Vietnam dan Thailand yang berdomisili di Dar es Salaam.

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan adalah tentang arti penting dan strategis organisasi ASEAN bagi masyarakat ASEAN khususnya dan dunia pada umumnya. Keberadaan ASEAN yang didirikan sejak 1967 melalui Deklarasi Bangkok terus berkembang pesat antara lain ditandai dengan semakin berkembangnya kerjasama dengan mitra dialog ASEAN. Diharapkan keberadaan perwakilan negara ASEAN di Tanzania juga akan membawa manfaat bagi hubungan yang sudah terjalin dengan pemerintah dan masyarakat di Tanzania. Sementara Dubes Vietnam dalam sambutan singkatnya mengharapkan agar ASEAN dapat meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Tanzania maupun mitra dialog serta mempererat hubungan antar masyarakat ASEAN sendiri di Tanzania.

Di akhir kegiatan, diadakan ramah tamah dan sekaligus memanfaatkan untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia yang disiapkan oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI Dar es Salaam (KBRI Dar es Salaam).