Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Dubes RI untuk Tanzania

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dubes RI untuk Tanzania merangkap Rwanda, Burundi dan Uni Comoros, Zakaria Anshar pada Kamis, 17 Januari 2013 telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Persatuan Tanzania, Jakaya Kikwete di Istana Kepresidenan di Dar es Salaam.
 
Dalam pertemuan singkat setelah penyerahan Surat-Surat Kepercayaan, Duta Besar RI menyampaikan salam hangat dari Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rakyat Indonesia kepada Presiden Jakaya Kikwete dan rakyat Tanzania dalam semangat bersama untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama bilateral.  
 
Duta Besar RI menyampaikan tekadnya untuk bekerja maksimal dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di segala bidang, termasuk di bidang pertanian. Selama ini Indonesia merupakan salah satu penggerak aktif bersama dengan beberapa negara donor lainnya yang memberikan perhatian khusus pada pertanian Tanzania, dan turut membantu pendanaan bagi berdirinya Farmer’s Agricultural and Rural Training Center (FARTC) di Morogoro.
 
Pada kesempatan tersebut, Presiden Jakaya Kikwete menyampaikan ungkapan terima kasih atas kerjasama dalam peningkatan hubungan bilateral. Presiden Kikwete menekankan kedekatan Tanzania dan Indonesia yang sudah dijalin lama dan tercermin melalui kedekatan Presiden Julius Nyerere dengan Presiden Soekarno. Selain itu, Presiden Kikwete juga menyampaikan kenangannya dari kunjungan terakhir ke Bandung beberapa waktu lalu dimana ia mengakui kekagumannya atas berbagai kemajuan di Indonesia, antara lain dalam pertanian, perumahan untuk rakyat dan kesetaraan jender dalam berbagai sektor.
 
Presiden Kikwete meminta Indonesia dapat meningkatkan dukungannya terhadap sektor pertanian Tanzania antara lain melalui proyek pusat pelatihan petani di Mkindo, distrik Mvomero, Morogoro untuk meningkatkan produktifitas pertanian Tanzania. Selain itu Presiden Kikwete mengharapkan Duta Besar RI dapat mendatangkan investor Indonesia sebanyak-banyaknya untuk menanamkan modalnya di Tanzania guna memanfaatkan potensi dan peluang yang menjanjikan di negara tersebut.
 
Diakhir pembicaraan tersebut, Presiden Kikwete kembali menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama bilateral kedua negara selama ini. (KBRI Dar es Salaam).