Pembukaan Asian Film Festival 2015 Tandai Diplomasi Budaya Asia

Asian Film Festival (AFF) ke 10 dibuka di Dar es Salaam pada 8 Desember 2015 di Century Cinemax, Dar Free Market. Animo masyarakat Tanzania terhadap festival film itu cukup tinggi. Ratusan penonton memadati gedung bioskop pada hari pembukaan. Mereka antusias dengan pemutaran film Asia sekaligus ingin mencicipi kuliner yang disajikan.
 
Setiap tahunnya, negara peserta AFF menyiapkan penganan khas masing-masing pada hari pembukaan. Kali ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dar es Salaam menyiapkan kue pastel dan kue kacamata yang terbuat dari singkong dan pisang.
 
Duta Besar Jepang untuk Tanzania, Masaki Okada, selaku koordinator festival mengatakan negara Asia dapat memanfaatkan AFF untuk meningkatkan diplomasi budaya di Tanzania.
 
“Kami berharap festival ini dapat mempererat hubungan diplomatik antara Tanzania dan negara Asia juga menjadi jembatan bagi Tanzania untuk mengetahui nilai dan budaya negara-negara Asia,” ujarnya.
 
Pemutaran film Jepang berjudul Thermae Romae menandai dimulainya festival tahunan yang diselenggarakan oleh Asian Diplomat Cultural Forum tersebut. Sementara itu, film Indonesia yang berjudul Tabula Rasa akan diputar pada Rabu, 16 Desember 2015. AFF 2015 diikuti sembilan negara yaitu Indonesia, Jepang, Vietnam, Republik Rakyat Tiongkok, India, Pakistan, Korea Selatan, Palestina, dan Iran. Festival akan berlangsung dari tanggal 8-16 Desember 2015.