PT INKA Jajaki Pasar Ekspor ke Tanzania

PT INKA jajaki perluasan pasar ekspor kereta apinya ke Tanzania.  Delegasi PT INKA yang dipimpin oleh General Manager Overseas Marketing and Product Development, Bambang Kushendarto pada Rabu, 17 Mei 2017, bertemu dengan Kementerian Pekerjaan Umum, Transportasi dan Komunikasi serta Tanzanian Railways Limited di Dar es Salaam. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Manager Overseas Marketing, Welly Mulyono, Kasubdit III Direktorat Afrika Kemlu RI, Fery Iswandy, PF Pensosbud/Ekonomi KBRI Dar es Salaam, Sherly Ponti Windarfi, dan perwakilan dari Direktorat Asia dan Australasia Kemlu Tanzania, Mr. Luangisa, Dalam pertemuan tersebut, PT INKA menyampaikan proposal serta memberikan paparan dan penjelasan mengenai produk unggulan, skema pendanaan dan layanan yang diberikan oleh satu-satunya produsen kereta api di Asia Tenggara tersebut.

Saat ditemui, Assistant Director Railway Transport Services Kementerian Pekerjaan Umum, Transportasi dan Komunikasi Tanzania, Festo Mwanyika, menyampaikan sambutan positifnya atas proposal PT INKA. Mwanyika juga menyampaikan ketertarikan terutama terkait skema pendanaan lewat Indonesia Exim Bank dan meminta penjelasan lebih rinci terkait hal tersebut. Mwanyika juga menjelaskan mengenai kondisi transportasi di Tanzania terkait operational cost dan SDM. "Untuk itu, produk yang kami butuhkan adalah yang sederhana, terjangkau dan ramah pengoperasian", ujarnya.

Tanggapan serupa juga disampaikan oleh pihak Tanzanian Railways Limited (TRL) yang ditemui dalam kesempatan terpisah. Chief Commercial Manager Tanzanian Railways Limited (TRL), Mr. Shaaban J. Kiko dan Ag. Chief Corporate Planning and Management Services, Mr. Hassan A. Shaban mengatakan bahwa saat ini industri perkeretaapian Tanzania tengah dalam proses revitalisasi dengan pembaruan dan pembangunan beberapa jalur kereta baik domestik maupun yang menghubungkan Tanzania dengan negara sekitar.

Pertemuan tersebut memberikan banyak informasi kepada pihak Tanzania atas perkembangan industri perkeretaapian Indonesia dan kiprah PT INKA yang telah memasok produk ke berbagai negara. Diharapkan ini akan menjadi langkah awal bagi PT INKA untuk menajajaki pasar perkeretaapian Tanzania yang potensinya cukup menjanjikan dan sedang menunjukkan geliat perkembangan.