Masyarakat Indonesia di Tanzania berpartisipasi dalam penghijauan kembali Taman Buru “Masigit Kareumbi”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 29 Desember 2013, bertempat di ruang rapat KBRI Dar es Salaam, tim Perempuan Merah Putih (PMP) memberikan presentasi mengenai program lingkungan yaitu “Wali Pohon Masigit Kareumbi”. Acara dihadiri oleh seluruh staf KBRI dan sebagian besar masyarakat Indonesia yang berada di Dar es Salaam. Kegiatan ini merupakan program yang diusung oleh Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam Jawa Barat (BBKSDA) dan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (WANADRI) untuk melakukan penghijauan kembali Taman Buru Masigit Kareumbi yang mulai gundul akibat pembalakan liar.

 
Program ini dilakukan dengan pola adopsi pohon sebagai alternatif pembiayaan penghijauan tersebut dimana biaya untuk mengasuh 1 pohon adalah Rp.50.000. Sebagai penghargaan, siapa saja yang menjadi wali pohon diberikan sertifikat dan dapat melihat lokasi pohon yang ditanamnya secara on-line. Program tersebut mendapatkan sambutan baik hadirin dan mereka bersedia menjadi wali pohon sebanyak kurang lebih 80 pohon.
 
Kegiatan PMP di Dar es Salaam tersebut dilakukan setelah mereka berhasil mencapai puncak Gunung Kilimanjaro yang terletak di Tanzania, dalam rangka memperingati hari Ibu pada tanggal 22 Desember 2013. Pada tanggal 26 Desember 2013, 4 orang dari 5 anggota Tim PMP berhasil mencapai puncak Gunung Kilimanjaro di ketinggian 5895 M (Uhuru Peak).

KBRI Dar es Salaam