KBRI Dar es Salaam ikut melestarikan lingkungan hidup di Zanzibar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Atas undangan Jumuiya ya Imarisha Mazingira Zanzibar (JIMZ) organisasi non pemerintah, pemerhati lingkungan hidup di Zanzibar, Duta Besar RI KBRI Dar es Salaam Zakaria Anshar pada tanggal 31 Maret 2014 jam 10.00 waktu setempat melakukan penanaman pohon kelapa di wilayah Masara, daerah daratan yang berbatasan dengan pantai di kota Zanzibar.


Dipilihnya daerah Masara oleh JIMZ adalah untuk mengantisipasi gerusan air laut yang diperkirakan akan dapat mengikis salah satu daerah pantai bagian barat. Duta Besar Zakaria Anshar memperoleh penghormatan untuk menanam secara simbolis satu pohon kelapa yang disaksikan oleh Rajab Ali, Ketua JIMZ, Kadhi Zuber Juma, Counsellor pada Kantor Walikota Zanzibar, mantan Walikota Zanzibar Mahaboob Juma Issa,  Ketua Eksekutif  Tanzania Youth Icon (TAYI) Abdallah Miraj Othman dan Sekretaris Eksekutif TAYI Abdallah Ahmed Suleiman. Selain itu, acara penanaman pohon tersebut juga dihadiri oleh sekitar 40 orang anggota JIMZ dan TAYI baik pria maupun wanita yang juga ikut menanam 800 pohon secara gotong royong di areal sekitar 1500 m2. Selain pohon kelapa, juga ditanam pohon flamboyan, sena, terminalia dan cassuarina.


Mr. Kadhi Zuber Juma dalam sambutan singkat  sebelum acara penanaman dimulai menyatakan terima kasih atas partisipasi KBRI dalam mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di Zanzibar, sementara Duta Besar RI menyatakan Indonesia dan Zanzibar memiliki hubungan historis yang telah lama dan  sumbangan pohon dari KBRI merupakan salah satu  upaya untuk mempererat hubungan Indonesia  dan Zanzibar. 

                                                                                                                                         Dar es Salam, 3 April 2014