JACC II RI - Tanzania

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 5 – 8 Desember 2012 telah berlangsung pertemuan Joint Agriculture Cooperation Committee II (JACC II) antara Delegasi Indonesia dan Delegasi Tanzania yang diselenggarakan di Kantor Ministry of Agriculture, Food Security and Cooperatives Tanzania.
 
Tujuan utama JACC II adalah untuk melakukan review atas hasil-hasil yang telah disepakati pada pelaksanaan JACC I tahun 2010 di Bogor, pembahasan pengembangan kerja sama baru  dengan penekanan pada capacity building, riset bersama dan pengembangan serta perluasan akses pasar di sektor pertanian bagi Indonesia dan Tanzania.
 
JACC II merupakan instrumen penting dalam pengembangan hubungan bilateral RI-Tanzania, terutama di sektor pertanian, yang menjadi salah satu pilar hubungan bilateral Indonesia dengan Tanzania.
 
Dalam pertemuan JACC II, Delri dipimpin oleh Kepala Pusat Pendidikan, Standarisasi dan Sertifikasi Profesi Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Heri Suliyanto (mewakili Sekjen Kementerian Pertanian RI) dengan supervisor Direktur Afrika, Lasro Simbolon dan anggota delegasi yang terdiri dari wakil dari Pusat Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pertanian; Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri; dan KBRI Dar Es Salaam.
 
Dari pihak Tanzania, delegasi dipimpin oleh Deputy Permanent Secretary, Ministry of Agriculture, Food Security and Cooperatives Tanzania, Ms. Sophia Kaduma dengan anggota delegasi terdiri dari unsur-unsur Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Tanzania.
 
Ketua Delegasi Tanzania, Ms. Kaduma dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa penguatan kerjasama bilateral akan memberi keuntungan bagi kedua negara. Ditekankan bahwa pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Tanzania (menyumbang 23,7% dari PDB negara, 33,9% pendapatan ekspor serta menyediakan 95% kebutuhan pangan domestik) serta memiliki potensi yang besar, namun belum dimanfaatkan secara maksimum.
 
Pada kesempatan yang sama, Ms. Kaduma menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada Pemri yang telah banyak membantu pemerintah dan para petani Tanzania, melalui berbagai program pelatihan. Adanya Farmer’s Agriculture Rural Training Center (FARTC) di Morogoro, Tanzania juga memberikan banyak manfaat bagi para petani Tanzania, terutama untuk peningkatan produksi pertanian serta dukungan untuk mekanisasi pertanian.
 
Diakhir pertemuan, masing-masing Ketua Delegasi berkomitmen untuk menindak-lanjuti Minutes of Meeting JACC II yang telah ditandatangani kedua pihak tanggal 8 Desember 2012 di Dar es Salaam.
 
(KBRI Dar es Salaam).