Dubes RI Dorong Pengembangan Hubungan RI–Tanzania

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Tanzania, Dubes RI untuk Tanzania, Zakaria Anshar telah melakukan pertemuan dengan Ambassador Mbelwa Kairuki, Direktur Asia dan Australasia, Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Republik Persatuan Tanzania, tanggal 14 Februari 2013, di Dar es Salaam.

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Zakaria menyampaikan tentang perkembangan hubungan ekonomi antara kedua negara yang terus mengalami peningkatan yang signifikan. Indonesia juga aktif dalam mengembangkan kerjasama tehnik dengan memberikan pelatihan (capacity building), utamanya di bidang pertanian dan kesehatan. Disamping itu Indonesia juga memberikan beasiswa kepada para mahasiswa Tanzania untuk belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dubes Zakaria menegaskan komitmenya untuk meningkatkan hubungan bilateral di segala bidang antara kedua Negara.

Sebagai ilustrasi digambarkan bahwa volume perdagangan antara kedua negara yang mencapai US$ 168.589,1 juta pada tahun 2010 meningkat tajam menjadi US$. 390.484,1 juta pada tahun 2011, dengan surplus untuk Indonesia. Barang-barang produk Indonesia yang masuk ke Tanzania, antara lain : palm oil/veg fats and oil product, kertas, pakaian jadi, tekstil, furniture, food product, alat-alat elektronik, ban dan penyemprot serangga. Sebaliknya, Indonesia mengimpor kapas, kopi, dan batu berharga dari Tanzania.

Dalam rangka kerjasama tehnik, Indonesia telah memberikan pelatihan  keterampilan kepada petani Tanzania, yang dilaksanakan di Indonesia atau di Tanzania. Indonesia juga telah membantu pendirian Farmers Agricultural and Rural Training Center di Morogoro. Selain itu, Tanzania juga aktif mengirimkan pesertanya untuk mengikuti pelatihan di bidang-bidang lain yang ditawarkan Indonesia, seperti di bidang tehnologi informasi dan kesehatan (Keluarga berencana), serta memanfaatkan beasiswa bagi para mahsiswanya untuk belajar di Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Kairuki menyampaikan bahwa Tanzania terbuka bagi para pedagang dan investor Indonesia untuk meningkatkan volume perdagangannya dan menanamkan modalnya di sektor-sektor Industri, pertanian dan jasa yang potensial di Tanzania. Dubes Kairuki juga menegaskan bahwa Tanzania telah mendapatkan manfaat dari dukungan Indonesia dalam program pelatihan yang diberikan, khususnya di bidang pertanian, dan menyatakan komitmen Pemerintah Tanzania untuk melanjutkan kerjasama di segala bidang dengan Indonesia. (KBRI Dar es Salaam).