Memperingati Maulid Nabi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 25 Februari 2010 KBRI Damaskus telah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bertema “Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Teladani Jejak Langkah Rasul SAW Dalam Membangun Masyarakat Madani Yang Ramah Dengan Makaarimul-Akhlaaq” di Wisma Duta, Ya’four, dihadiri oleh para home staff, local staff, pengurus DWP KBRI Damaskus, para pelajar dan mahasiswa Indonesia serta masyarakat Indonesia di Suriah.

Acara diawali dengan Sambutan Bapak Dubes H.M. Muzammil Basyuni yang antara lain menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema tersebut akan diawali dengan do’a Tahlilan yang khususnya disampaikan kepada antara lain Ayahanda K.H. Basyuni Maskur, Ibunda Hj. Mardiah binti Zuhdi, Bapak Mertua H. Moerdjani Naserin, Ibu Mertua Hj. Ni’mah binti Ismail,  Kakak Ahmad Munir Basyuni, Romo K.H. Ali Maksum dan Ibu Nyai Hj. Hasyimah binti Munawir,  Bapak K.H. Ahmad Bahal, Bapak K.H. Imam Zarkasih, Sahabat dan Guru, Mantan Presiden Abdurrahman Wahid serta Sahabat Karib Dubes H.M. Rozi Munir.  Teman-teman lainnya dapat menyebutkan nama-nama lainnya yang dikehendaki untuk mendo’akannya.

Dalam Ceramah, Sdr. Ahsin Mahrus menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan tokoh dan idola yang harus dikenal dan diteladani oleh setiap ummat bukan saja Muslim dan Muslimah tetapi siapa saja, karena Beliau diutus Tuhan sebagai Rahmatan lil ‘Aalamiin. Dengan mencontoh perilaku Nabi Muhammad maka ummat Islam akan mudah mengimplementasikan ajaran Al-Qur’an yang menjunjung tinggi budi pekerti dan moral yang baik di dalam keluarga dan masyarakat,  sehingga akan menciptakan masyarakat madani yang memiliki akhlak budi pekerti. Dalam hal ini mulailah dari diri kita sendiri mempelajari, meniru dan meneladani sikap serta perilaku Rasulullah SAW sehingga di manapun kita berada dapat seperti “Lebah” yang selalu bermanfaat bagi sekelilingnya.

Acara Maulid Nabawi berlangsung dengan suasana penuh keakraban. Para hadirin secara  antusias dan khusuk mengikuti jalannya prosesi pembacaan Tahlilan dan Barzanji serta mendengarkan ceramah mengenai Rasulullah SAW.