Hasyim Muzadi & Para Ulama Ke Suriah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 18-20 Januari 2010 Ketua  Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama  (PBNU) Dr. K.H. Hasyim Muzadi beserta para ulama telah mengadakan kunjungan ke Suriah. Pada tanggal 19 Januari 2010,  Ketua Umum PBNU telah mengadakan pertemuan dengan Asisten Menlu Ahmad Arnous, Grand Mufti Suriah Sheik Dr. Ahmad Badruddin Hassoun dan Menteri Wakaf Dr. Mohammad Abdul Sattar al-Sayyed.
Dalam pertemuan dengan Asisten Menlu Suriah, Ketua Umum PBNU menyampaikan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dan penuh dengan keakraban serta mengharapkan agar hubungan kerjasama kedua negara dapat ditingkatkan di segala bidang khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan. Dijelaskan pula mengenai kiprah sekilas tentang organisasi Nahdlatul Ulama dalam memajukan masyarakat Indonesia di berbagai bidang.
 
Asisten Menlu menyambut baik kunjungan seorang tokoh pimpinan organisasi keagamaan yang merupakan suatu indikasi eratnya hubungan kerjasama bilateral Suriah-Indonesia. Diharapkan setelah kunjungan Grand Mufti Suriah dua kali ke Indonesia kerjasama dapat meningkat di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan dan kebudayaan dengan menampilkan wajah Islam yang moderat, wasath dan i’tidal.
 
Grand Mufti menyampaikan bahwa warga NU dengan jumlahnya yang sangat membanggakan hendaknya ditingkatkan dengan kualitas yang memadai agar mampu berkiprah tidak saja bagi ummat dan bangsa Indonesia tetapi bagi seluruh ummat di dunia. Dalam hal ini kerjasama kedua negara di bidang da’wah dan fatwa perlu ditingkatkan.
 
Dalam pertemuan dengan Menteri Wakaf Suriah, Ketua PBNU menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat dan penuh dengan suasana persahabatan seraya mengharapkan agar kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan kedua negara dapat ditingkatkan.   Pada kesempatan tersebut, Menteri Wakaf menyambut baik kunjungan tersebut seraya menerangkan bahwa hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat dan penuh persahabatan antara Suriah-Indonesia.