Dr. Alwi Shihab Ke Suriah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 13-15 Januari 2010 Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah, Dr. Alwi Shihab dalam kapasitasnya sebagai Sekjen Kadin OKI telah mengadakan kunjungan ke Suriah, dan pada tanggal 14 Januari 2009 didampingi Duta Besar RI Damaskus, Sekretaris II Pensosbud dan Sekretaris III Protkons KBRI Damaskus telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Arab Suriah Waleed al-Moallem, kemudian dengan Ketua Federasi Kamar Dagang Suriah Mohammad Ghassan al-Qalla. 
 
Dalam pertemuan dengan Menlu Suriah yang didampingi Asisten Menteri Luar Negeri Ahmad Arnous dan Direktur Asia Esham al-Hadad, Dr. Alwi Shihab menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang sangat hangat.   Dalam pertemuan dengan Ketua Federasi Kamar Dagang Suriah, Dr. Alwi Shihab menyampaikan agar para pengusaha kedua negara mampu melihat peluang kerjasama ekonomi secara lebih luas. Dalam kaitan ini perlu dilaksanakan peningkatan frekuensi saling kunjung para pelaku ekonomi, perdagangan, dan investasi kedua negara.
 
Pertemuan berlangsung dengan sangat hangat dan penuh persahabatan karena selama ini kedua negara memiliki banyak kesamaan dan tidak pernah memiliki kendala berarti dalam hubungan bilateral. Bagi Indonesia, Suriah merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim yang wasathy (moderat), sebaliknya bagi Suriah memandang Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar dunia yang semakin berpengaruh di dunia internasional.