Datangnya Dubes RI Baru Untuk Suriah Menunjukkan Kedekatan Hubungan Diplomatik RI-Suriahus

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

 

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Arab Suriah, Drs. Djoko Harjanto, MA. beserta keluarga telah tiba di Damaskus ibukota negara Republik Arab Suriah pada tanggal 23 November 2014 yang lalu.


Kedatangan Duta Besar Djoko Harjanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Konsul Jenderal RI Kuching ini menunjukkan bahwa Suriah merupakan negara sahabat yang memiliki arti penting bagi Indonesia, ungkap Didi Wahyudi, Pejabat Fungsi Politik KBRI Damaskus.


Kedatangan Dubes disambut dengan gembira oleh seluruh staf KBRI Damaskus beserta perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan masyarakat Indonesia di Damaskus.


Duta Besar RI Djoko Harjanto dalam kesempatan ramah tamah dengan segenap komponen masyarakat Indonesia di Damaskus menyampaikan agar semua komponen di KBRI dapat bekerjasama satu dengan lainnya dengan baik, bahu membahu dalam mengemban tugasnya untuk selalu bekerja sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam upaya hubungan bilateral bagi kedua negara dan menjaga keselamatan WNI.


Guna melihat langsung kondisi para TKW yang masih menunggu penyelesaian masalahnya, Dubes Djoko Harjanto selanjutnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke sheter KBRI Damaskus yang terletak di lantai dasar Gedung Konsuler KBRI Damaskus. Saat ini penghuni penampungan mencapai 130 orang dan berbagai permasalahan yang dihadapi. 13 orang dari mereka adalah korban human trafficking yang dikendalikan oleh Bungawati dan Mario (WN Yordania).


Duta Besar RI memberikan  penjelasan dan arahan kepada para TKW tersebut agar tidak lagi berangkat bekerja ke Timur Tengah dan terjebak dengan sindikat sponsor yang sering memberikan uang persekot kepada keluarga. Bapak Dubes berharap mereka dapat membuka usaha meski kecil-kecilan dengan keterampilan yang dimiliki dan berusaha untuk berdikari di Tanah Air.


Dubes Djoko Harjanto merupakan sosok diplomat karier, pernah bertugas di KBRI New York, KBRI  Hungaria, KJRI Frankfurt, Kepala Fungsi Politik pada KBRI Kuala Lumpur dan sebelumnya menjabat sebagai Konsul Jenderal di KJRI Kuching, Serawak Malaysia. Kehadiran Dubes Djoko Harjanto untuk menggantikan Dubes Wahib Abdul Jawwad yang telah mengakhiri masa tugasnya di Suriah pada tanggal 12 November 2014 lalu ungkap Windu Setiyoso, Pejabat Fungsi Pensosbud KBRI Damaskus. (Sumber: KBRI Damaskus)