Pembukaan Program Bahasa Indonesia Tahap III Di Dakar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Dakar bekerjasama dengan Institute d’Superior Management (ISM) di Dakar kembali mengadakan program pengajaran bahasa Indonesia tahap ketiga. Sebanyak 20 mahasiswa ISM yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan berbagai negara mengikuti program yang akan berlangsung selama 4 bulan ini. Sejak dimulainya program tahun 2008, jumlah peserta kursus terus meningkat. Misalnya peserta kursus tahap sebelumnya diikuti 15 mahasiswa. Pada tahap ketiga ini bahkan dilakukan seleksi terhadap 34 calon peserta mengingat kapasitas ruangan yang tidak memungkinkan.
 
Pembukaan program pengajaran Bahasa Indonesai tahap ketiga ini dilakukan pada tanggal 20 Oktober 2009 yang dihadiri oleh Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Dakar bersama-sama dengan Direktur Hubungan Internasional ISM. Program kursus antara lain akan diisi dengan pengetahuan dasar bahasa Indonesia, teori dan praktek percakapan, serta presentasi mengenai Indonesia di bidang pariwisata, seni dan budaya, makanan, serta masalah lainnya yang dianggap menarik bagi peserta.
 
Dalam perkenalan dengan peserta telah diperoleh beberapa masukan antara lain usulan untuk mengadakan program intermediate dan advance mengingat beberapa peserta diantaranya adalah peserta kursus sebelumnya. Selain itu  para peserta juga menyampaikan harapan antara lain dapat mengenal Indonesia lebih jauh serta memiliki kesempatan mengikuti pendidikan di Indonesia.
 
Sebagai salah satu Institus Bisnis terkemuka di kawasan Afrika Barat, ISM memiliki beberapa program bahasa, yakni bahasa Indonesia, Cina dan Jepang. Peserta program tersebut tidak hanya dari Senegal tetapi juga dari negara sekitarnya seperti Niger, Burkina Faso, Guinea dan Cape Verde yang menjadi mahasiswa di institut tersebut.