Halal Bihalal DUBES RI Dakat Dengan ABK Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagai salah satu tugas perwakilan RI yaitu perlindungan dan pembinaan masyarakat Indonesia di luar negeri, pada tanggal 21 September 2009, bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Fitri, KBRI Dakar telah mengadakan acara halal bihalal dengan 34 ABK (Anak Buah Kapal) Indonesia yang kapalnya sedang bersandar di pelabuhan Dakar. Duta Besar RI Dakar dan Ibu Sukarni Sikar menjadi tuan rumah di Wisma Indonesia pada acara yang juga dihadiri Keluarga Besar KBRI Dakar tersebut.
 
Selain berhalal bihalal, kesempatan ini juga digunakan Duta Besar RI untuk memberikan pengarahan maupun mendengarkan pengalaman dari para ABK yang telah bertugas di tengah laut selama 12 - 24 bulan.
 
Duta Besar RI, DR. Sukarni Sikar antara lain berpesan agar para ABK harus memperhatikan hak-hak dan kewajibannya dan terus melakukan kontak dengan agennya di Indonesia untuk mengatasi berbagai permasalahan yang muncul selama masa kontrak. Disampaikan pula bahwa mengingat Dakar selama ini dijadikan tempat transit para ABK, maka KBRI Dakar memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini termasuk pembinaan dan perlindungan.
 
Dalam menyampaikan pengalamannya, tidak banyak didengar keluhan atau pengalaman yang buruk selama di atas kapal. Sebaliknya disampaikan bahwa ABK Indonesia lebih disukai dibandingkan dengan ABK negara lainnya. Namun demikian, beberapa ABK menyampaikan keinginannya untuk kembali ke Indonesia sebelum berakhirnya masa kontrak karena alasan keluarga. Menanggapi hal ini Duta Besar RI menyarankan untuk dapat mencari opsi yang paling murah mengingat biaya transportasi harus ditanggung oleh ABK yang bersangkutan.
 
Para ABK yang hadir pada acara halal bihalal ini menyampaikan kegembiraannya karena dapat bertemu dengan segenap warga Indonesia di Dakar serta bertatap muka dan berdiskusi langsung dengan Duta Besar RI. Diakhir acara dilakukan foto bersama antara ABK dengan Duta Besar dan Ibu Sukarni Sikar.