Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes RI untuk Senegal Promosikan Industri Strategis RI

4/4/2016

Dubes RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Islam Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea-Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, Republik Sierra Leone dan Republik Cabo Verde, Bapak Mansyur Pangeran, telah menyerahkan Surat Kepercayaan/ Credentials kepada Presiden Republik Senegal, Macky Sall, di Istana Kepresidenan Senegal pada tanggal 1 April 2016. Selain Dubes RI, pada hari yang sama Duta Besar dari negara lainnya yaitu Brazil, Mauritania, Sierra Leone, dan Pakistan juga menyerahkan Credentials kepada Presiden Republik Senegal.

Dalam kesempatan pertemuan bilateral dengan Presiden Senegal, Dubes RI antara lain menyampaikan secara langsung salam hangat Bapak Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia disertai komitmen Indonesia untuk mengembangkan hubungan dan kerjasama dengan Senegal.

Dubes RI mengatakan siap bekerjasama dengan pemerintah dan rakyat Senegal untuk memajukan dan memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama bilateral kedua negara di berbagai bidang yang telah berlangsung dengan baik selama ini.

Presiden Macky Sall mengucapkan selamat datang, serta menyampaikan komitmennya untuk membantu kelancaran tugas Duta Besar RI di Dakar demi peningkatan hubungan dan kerjasama kedua negara.

Presiden Macky Sall mengatakan mengikuti perkembangan Pemerintah Indonesia dalam upaya memberantas aksi terorisme yang ada di Indonesia dan mengharapkan Senegal dapat mencontoh dan bekerjasama dengan Indonesia dalam upaya mengatasi bahaya terorisme.

Dubes RI juga menyampaikan berbagai peluang kerjasama dalam bidang ekonomi seperti kerjasama perdagangan, pertanian, perikanan, industri penerbangan, pelayaran dan transportasi. Dubes RI juga berkesempatan menyampaikan kebijakan terkini dari pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memberikan fasilitas Bebas Visa Kunjungan selama 30 hari kepada 169 negara di dunia termasuk Senegal.

Dubes RI selanjutnya mempromosikan berbagai industri strategis Indonesia, seperti, industri pesawat terbang produksi PT. Dirgantara Indonesia, persenjataan produksi PT. PINDAD, industri perkapalan PT. PAL Surabaya, pakaian seragam militer PT. SRITEX dan industri perkeretaapian PT. INKA.  

Presiden Macky Sall dalam tanggapannya sangat antusias dengan peluang kerjasama ekonomi yang disampaikan oleh Dubes RI dan menyatakan minatnya untuk membeli kapal feri VIP produksi PT. PAL Surabaya, Indonesia.

Selain itu, Presiden Macky Sall juga tertarik dengan produksi persenjataan PT. PINDAD. Untuk itu, Presiden Macky Sall meminta kepada Dubes RI agar dapat dikirimkan brosur produksi persenjataan dari PT. PINDAD dimaksud dan perlengkapan militer produksi PT. SRITEX. 

Presiden Macky Sall juga berterima kasih dan sangat menyambut baik atas kebijakan Bebas Visa Kunjungan yang diberlakukan kepada Senegal dan pada kesempatan yang sama menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri Senegal, Mankeur Ndiaye, agar kepada Indonesia juga dapat diberikan fasilitas Bebas Visa Kunjungan.

Khusus untuk Dubes RI, jadwal penyerahan Credentials kepada Presiden Senegal sejak ketibaan Dubes RI di Dakar terbilang cukup cepat dibandingkan dengan para Duta Besar asing lainnya yang harus menunggu cukup lama untuk menyerahkan Credentials.​

Sumber: Fungsi Pensosbud KBRI-Dakar