RI - Gambia Tanda Tangani MoU on Protocol and International Conference

7/23/2016

Pada tanggal 23 Juli 2016, Duta Besar RI untuk Senegal merangkap Republik Islam Gambia, Pantai Gading, Guinea, Guinea-Bissau, Sierra Leone, Mali dan Cabo Verde,  Mansyur Pangeran, mewakili Kementerian Luar Negeri RI dan Dirjen Protokol Kemlu Republik Islam Gambia, Baboucarr M.S Jobarteh, telah menandatangani Memorandum of Understanding on Protocol and International Conference di Kemlu Gambia di Banjul. MoU ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan Indonesia dalam rangka menyukseskan perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (OKI) ke-14 tahun 2019 mendatang, dimana Gambia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Delegasi Indonesia yang hadir dalam rangka Monev dan Revitalisasi Agricultural Rural Farmer Training Center (ARFTC), Direktur Asia-Oseania, Kemlu Gambia dan diliput oleh wartawan dari media lokal Daily Observer dan stasiun TV Gambia, Radio and Television Services (GRTS).

Duta Besar RI dalam sambutannya, antara lain, menyampaikan bahwa MoU on Protocol and International Conference merupakan salah satu komitmen Pemerintah Indonesia terhadap Gambia dalam rangka sharing pengalaman Indonesia tentang keprotokolan dalam rangka penyelenggaraan  konperensi internasional  serta meningkatkan peran dan status Gambia di fora internasional. Diharapkan pelatihan keprotokolan dan konperensi internasional tersebut dapat membantu memperlancar proses penyelenggaraan KTT OKI ke-14 mendatang di Banjul, Gambia. Selain itu, di bidang pertanian Indonesia juga berkomitmen untuk membantu Gambia mencapai swasembada pangan pada tahun 2016.

Dirjen Protokol Kemlu Gambia, Baboucarr M.S. Jobarteh, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Indonesia yang selama ini telah banyak membantu Gambia dalam menyukseskan program pembangunan di Gambia, khususnya dalam rangka meningkatkan kapasitas para pejabat, penyuluh dan petani Gambia serta pemberian bantuan fisik berupa ARFTC. Dikatakannya Indonesia selalu di hati rakyat Gambia.

Press Release Penandatanganan MoU on Protocol and International Conference.pdf