Pertemuan Dubes RI Dakar dengan Penasihat Presiden dan Walikota Dakar

6/9/2016

Pada tanggal 9 Juni 2016 di tempat yang terpisah, Duta Besar RI Dakar, Mansyur Pangeran, yang didampingi oleh Pelaksana Fungsi Politik KBRI Dakar melakukan pertemuan dengan 2 (dua) pejabat tinggi di Senegal yaitu Menteri Penasihat Diplomatik Presiden Senegal, Mr. Oumar Demba BA, dan Walikota Dakar, Khalifa Ababacar SALL, dalam rangka pendekatan dan penjajakan peluang kerja sama kedua negara.

Dalam pertemuan dengan Mr. Oumar BA, Menteri Penasihat Diplomatik, Duta Besar RI menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Senegal sampai saat ini belum berjalan secara maksimal. Padahal, kedua negara memiliki persamaan yaitu mayoritas penduduknya beragama Islam (92%) dan keduanya merupakan negara OKI yang aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Palestina. Tidak hanya itu, Indonesia dan Senegal juga aktif terlibat dalam pengiriman pasukan perdamaian yang tergabung dalam misi-misi perdamaian PBB di berbagai belahan dunia.

Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan bahwa total perdagangan antara Indonesia dan Senegal terbilang masih relatif kecil (dibawah 100 juta USD). Oleh karena itu, Indonesia dan Senegal perlu mencari peluang kerja sama yang saling menguntungkan khususnya di bidang perdagangan dan investasi seperti kerja sama di bidang industri strategis. Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia, negara peringkat 4 berpenduduk terbesar di dunia, dinilai telah mampu memproduksi sendiri produk strategisnya dan produk transportasi darat, laut dan udara guna mempertahankan NKRI yang terdiri dari 17.000 pulau.

Mr. Oumar BA dalam tanggapannya menyampaikan rasa kagumnya terhadap kemajuan pembangunan Indonesia sebagai salah satu negara Asia yang maju dan berperan di kawasan. Demi peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara, Menteri Oumar BA akan membantu mendorong seluruh pihak terkait di Senegal seperti Pejabat di Kementerian Perdagangan, KADIN dan para pengusaha Senegal untuk memanfaatkan peluang kerja sama dengan para pengusaha Indonesia. Menteri Oumar BA juga berharap pengusaha-pengusaha Indonesia dapat berkunjung ke Senegal dan melakukan temu bisnis dengan para pengusaha Senegal. Bahkan, Menteri Oumar BA meminta kepada Dubes RI agar dapat diberikan bahan-bahan promosi tentang produk dan perusahaan Indonesia untuk mendorong para pelaku ekonomi di Senegal melakukan kontak bisnis dengan perusahaan Indonesia.

Duta Besar RI dan Menteri Oumar BA sepakat perlunya mendorong pelaku bisnis/pengusaha kedua negara untuk hadir pada pameran dagang internasional yakni FIDAK di Senegal (bulan Desember 2016) dan Trade Expo Indonesia (bulan Oktober 2016). Selain itu, keduanya juga sepakat untuk mendorong diadakannya kegiatan temu bisnis antara pengusaha Indonesia dan Senegal, yang diselenggarakan di Senegal maupun di Indonesia.

Selanjutnya, dalam pertemuan dengan Khalifa Ababacar SALL, Walikota Dakar, Dubes RI menjajaki dan mencari peluang kerja sama kedua negara khususnya dalam bidang pembangunan perkotaan, antara lain sister city, kunjungan pejabat dan people-to-people contact. Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan bahwa sejak tanggal 10 Maret 2016 Pemerintah Indonesia telah memberlakukan bebas visa kunjungan singkat bagi warga Senegal untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama kedua negara termasuk kerja sama tingkat kota kedua negara.

Walikota Dakar dalam tanggapannya menyampaikan bahwa dirinya kagum dengan kemajuan pembangunan Indonesia di bidang infrastruktur kota. Walikota Dakar menyambut baik dan mengharapkan kerja sama kedua negara dapat meningkat khususnya bidang pembangunan perkotaan. Walikota Dakar juga mengapresiasi pemberian bebas visa kunjungan singkat yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia kepada warga Senegal yang akan berkunjung ke Indonesia.

Pertemuan dengan kedua pejabat tinggi tersebut selain untuk mendorong upaya peningkatan kerja sama antara kedua negara juga sekaligus untuk memperlancar program dan kegiatan KBRI Dakar di Senegal mengingat kedua instansi tersebut dinilai cukup strategis dan berperan dalam Kabinet Presiden Macky Sall.

Press Release Pertemuan Dubes RI Dakar dengan Penasihat Presiden dan Walikota Dakar.pdf