Pertemuan Dubes RI Dakar dengan Khalifa General Tivaouane

6/3/2016

​Pada tanggal 3 Juni 2016, Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, didampingi oleh Pelaksana Fungsi Pensosbud dan Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Dakar mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Khalifa General Tivaouane, Serigne Abdoul Aziz Sy Al Amine, seorang tokoh pemuka agama yang sangat dihormati dan dikagumi oleh umat muslim Senegal. Khalifa General Tivaouane juga merupakan seorang tokoh yang sangat disegani dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan politik dalam negeri Senegal.

Sebagai contoh, pada referendum Senegal yang dilaksanakan pada bulan Maret 2016 lalu, Presiden Senegal, Macky Sall, secara pribadi meminta dukungan dari dua tokoh pemuka agama yang paling berpengaruh di Senegal, Khalifa General Touba dan Khalifa General Tivaouane, untuk mengajak jutaan para pengikutnya memberikan suara voting "yes" pada referendum pengurangan masa jabatan presiden Senegal. Selain itu, Presiden Macky Sall juga selalu secara khusus melakukan kunjungan ke Tivaouane setiap tahunnya dalam rangka perayaan Maulid Nabi.

Selain dalam rangka sowan menyambut bulan suci Ramadhan, Dubes RI memanfaatkan momentum pertemuan dengan Khalifa General untuk bertemu dengan komunitas bisnis di Tivaouane. Pertemuan dengan Khalifa General Tivaouane dapat dikatakan sebagai agenda yang sangat penting bagi KBRI karena pertemuan tersebut merupakan salah satu cara untuk dapat bertemu dan berdiskusi secara langsung dengan komunitas bisnis di Tivaouane yang sebagian besar merupakan pengikut Tijâniyyah dan bagian dari keluarga inti Khalifa General Serigne Abdoul Aziz.

Kunjungan Dubes RI beserta staf tersebut disambut hangat secara kekeluargaan oleh Khalifa General. Seluruh anak dan menantu serta keluarga inti Khalifa General hadir dalam pertemuan, dilanjutkan jamuan makan siang oleh Khalifa General, dan Shalat Jumat bersama di Masjid Terbesar di Tivaouane.

Dalam pertemuan tersebut, Khalifa General Tivaouane mengatakan kepada Dubes RI bahwa dirinya sangat mengetahui Indonesia dengan baik terutama mengenai kehidupan beragama di Indonesia yang memiliki persamaan dengan Senegal yakni mayoritas penduduknya adalah pemeluk Agama Islam. Khalifa General menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias untuk melakukan kunjungan ke Indonesia dan akan membawa serta komunitas bisnis di Tivaouane dalam kunjungannya tersebut. Khalifa General berharap jika dirinya dapat merealisasikan kunjungan tersebut, sekembalinya di Senegal Ia akan menceritakan hal-hal yang Ia telah pelajari mengenai kehidupan umat Islam di Indonesia.

Dubes RI menyambut baik rencana kunjungan tersebut dan menyampaikan bahwa untuk meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia dan Senegal, perlu dilakukan kegiatan saling kunjung antara komunitas bisnis dan religious leaders dari kedua negara. Kegiatan saling kunjung tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah warga negara dari kedua negara yang melakukan kunjungan.

Setelah pertemuan tersebut, Dubes RI didampingi oleh komunitas bisnis di Tivaouane berkunjung ke "Al Amine Residences", sebuah proyek konstruksi perumahan yang diinisiasi oleh Serigne Cheikh Ahmed Tidiane Sy, salah satu putra Khalifa General Serigne Abdoul Aziz. Dalam proyek tersebut, sebanyak 500 unit rumah rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 7250 Ha. Proyek tersebut direncanakan akan menyerupai konsep residence yang terdapat di Kota Mekah dan Madina. Proyek tersebut dimaksudkan sebagai fasilitas lodging untuk menampung jutaan orang yang melakukan ziarah ke Tivaouane dalam festival perayaan Maulid Nabi setiap tahun. Setiap tahunnya sekitar 2 juta orang datang ke Tivaouane untuk melakukan ziarah khususnya dalam perayaan Maulid Nabi. Mereka datang tidak hanya dari Senegal tetapi juga dari Mali, Guinea, Guinea-Bissau, Pantai Gading, Gambia, Perancis dan AS

Kota Tivaouane, Thiès, Senegal (±100 Km dari Kota Dakar) adalah kota suci bagi pengikut Tarîqah Tijâniyyah (Tijanism), persaudaraan Sufi yang paling penting di Senegal dan memiliki pengikut sebesar 60% dari total populasi muslim di Senegal. Selain Tijâniyyah, terdapat 3 (tiga) persaudaraan Sufi lainnya di Senegal, yaitu Mouride (28%), Qadiriyya (6%) dan Layenes (6%).

Press Release Pertemuan Dubes RI Dakar dengan Khalifa General Tivaouane.pdf