Masyarakat Indonesia dan Anak Buah Kapal WNI Semarakkan Perayaan HUT RI di Senegal

8/15/2016

Pada tanggal 15 Agustus 2016, KBRI Dakar membuka rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-71 di KBRI Dakar yang melibatkan seluruh masyarakat Indonesia di Dakar dan sekitarnya serta Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang sedang bersandar di Dakar. Rangkaian kegiatan dibuka dengan pelaksanaan Gerak Jalan Santai bersama-sama seluruh masyarakat Indonesia dan Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang sedang bersandar di Dakar.

Selain Gerak Jalan Santai, KBRI juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba, salah satunya adalah lomba tarik tambang yang berlangsung penuh keceriaan dan dilaksanakan di pinggir pantai Corniche yang merupakan rute utama para pelari dan pejoging di Dakar melintas tiap harinya. Bahkan, dalam lomba tarik tambang tersebut, para ABK WNI berkesempatan untuk menjajal ketangguhan dan kuatnya tenaga Senegalese dalam menarik tali tambang. Tidak hanya itu, sebagian masyarakat setempat yang melintasi area pantai corniche juga menyempatkan diri mereka untuk menyaksikan keunikan permainan tarik tambang.

Selanjutnya, pada tanggal 17 Agustus 2016, bertempat di halaman kantor, KBRI Dakar melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Duta Besar RI Dakar, Mansyur Pangeran, bertindak sebagai Pembina Upacara. Upacara berlangsung dengan sederhana dan khidmat yang diikuti oleh masyarakat Indonesia di Dakar dan 20 Anak Buah Kapal WNI yang sedang bersandar di Dakar. Dalam amanatnya Dubes RI menegaskan bahwa KBRI Dakar akan terus memantau dan membantu para pekerja ABK yang bermasalah seperti penyelesaian gaji, pemulangan ke Indonesia, dan sampai pada bantuan pendampingan bagi ABK yang terlibat dalam masalah-masalah hukum.

Setelah Upacara, KBRI mengadakan acara syukuran sekaligus pemotongan tumpeng merayakan HUT RI ke-71 bersama-sama seluruh masyarakat Indonesia di Dakar dan ABK WNI. Suasana pertemuan diwarnai dengan rasa kekeluargaan dan suka cita, khususnya dari para ABK WNI yang sudah berbulan-bulan mengarungi samudera meninggalkan tanah air dan keluarga demi mencari sesuap nasi. Para ABK WNI sangat bersyukur dapat merayakan HUT RI di KBRI Dakar bersama-sama dengan masyarakat Indonesia lainnya sekaligus berkesempatan untuk menikmati hidangan khas Indonesia yang sudah lama tidak mereka cicipi.

Pada kesempatan ini, Dubes RI berkesempatan melakukan dialog dengan para ABK WNI untuk menampung kendala-kendala yang dialami oleh para ABK WNI di tempat kerja. Salah satu ABK WNI menyampaikan bahwa ada di antara mereka yang belum dibayar gajinya selama lebih kurang 10 bulan karena ketidakjelasan status agen mereka di Indonesia. Terhadap keluhan-keluhan yang dihadapi para ABK WNI ini, Dubes RI menyampaikan bahwa KBRI Dakar akan selalu senantiasa membantu para ABK WNI untuk memperoleh hak-hak mereka sebab keterlambatan pembayaran gaji bukan hanya bentuk pelanggaran terhadap kontrak kerja tetapi juga melanggar prinsip kemanusiaan. Dubes RI juga menghimbau kepada seluruh WNI yang berada di wilayah 8 negara akreditasi KBRI Dakar untuk bekerja secara baik sesuai dengan profesinya masing-masing dan menjaga nama baik bangsa Indonesia. Duta Besar RI menekankan kepada ABK WNI dan seluruh masyarakat Indonesia untuk senantiasa mentaati seluruh peraturan hukum negara setempat dan menghindari tindakan yang bertentangan dengan hukum dan melanggar hukum setempat, apalagi tindakan kriminal yang menghilangkan nyawa orang lain.

Dalam rangkaian kegiatan HUT RI di KBRI Dakar, tampak sekali semangat kemerdekaan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia di Dakar dan ABK WNI dalam membantu mempersiapkan dan melaksanakan berbagai kegiatan perayaan HUT RI ke-71. Perayaan HUT RI kali ini semakin mendekatkan hubungan KBRI dengan seluruh masyarakat Indonesia di Dakar dan sekitarnya. Bahkan, perayaan HUT RI menjadi satu momen yang paling dinanti masyarakat karena merupakan momen dimana seluruh masyarakat Indonesia dapat saling berkumpul dan bersuka cita bersama-sama, khususnya untuk para ABK WNI yang sangat membutuhkan hiburan untuk mengobati kejenuhan setelah berbulan-bulan lamanya berada di lautan luas.

Selain kegiatan lomba, KBRI Dakar dengan melibatkan peran aktif Dharma Wanita Persatuan KBRI Dakar juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dengan mengumpulkan pakaian-pakaian bekas layak pakai untuk diserahkan kepada anak-anak di salah satu yayasan anak-anak jalanan di Dakar yang bernama Empire des Enfants. Dalam kaitan ini, Dubes RI Dakar juga memberikan bantuan khusus berupa sejumlah uang tunai yayasan tersebut.

Press Release Masyarakat Indonesia dan Anak Buah Kapal WNI Semarakkan Perayaan HUT RI di Senegal.pdf