Budaya Indonesia Terbaik di World Cultural Month 2016

4/29/2016

Pada tanggal 29 April 2016, KBRI Dakar berpartisipasi dalam acara World Cultural Month (WCM) yang diselenggarakan oleh International School of Dakar (ISD), Senegal. Acara dihadiri oleh ribuan pengunjung dari kota Dakar yang sangat antusias menyempatkan diri untuk melihat beragam keunikan budaya yang ditampilkan dari berbagai negara.

Acara World Cultural Month tersebut adalah sebuah ajang untuk memamerkan dan mempromosikan keunikan budaya masing-masing negara kepada masyarakat Senegal secara umum dan khususnya kepada warga ekspatriat di Dakar. Khusus untuk KBRI Dakar, partisipasi kali ini merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2013 karena KBRI Dakar selalu mendapat undangan secara khusus dari pimpinan ISD untuk berpartisipasi pada acara World Cultural Month yang cukup prestisius di Dakar.

ISD merupakan sebuah sekolah swasta internasional di Dakar, Senegal, yang didasarkan pada kurikulum Amerika, dengan jenjang sekolah mulai dari tingkat pra-sekolah sampai dengan tingkat 12. Komposisi murid yang belajar di ISD pun sangat beragam yaitu terdiri dari 55 kewarganegaraan dari seluruh dunia.

Dalam Booth KBRI Dakar di World Cultural Month 2016, KBRI Dakar menampilkan video dan berbagai poster pariwisata, membagikan flyer pariwisata, memamerkan berbagai seni kerajinan tangan seperti kain tenun dan Batik. Selain itu, KBRI juga menampilkan alat musik gamelan. Gamelan cukup banyak menyedot antusiasme pengunjung karena para pengunjung diberikan kesempatan untuk mencoba memainkan gamelan dan sangat tertarik akan keunikan bentuk dan suara yang dihasilkan. KBRI juga memanfaatkan event prestisius tersebut untuk memperkenalkan kuliner unggulan Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, sate dan es teler. Dalam event tersebut, KBRI Dakar juga melibatkan peran aktif Dharma Wanita Persatuan serta WNI di Dakar dengan mengikuti parade pakaian khas tradisional masing-masing negara.

Hal yang sangat menarik adalah bendera Indonesia berkibar di lapangan terutama pada saat defile Indonesia tampil dengan berbagai pakaian nusantara dengan berbagai corak dan warna warni yang diperagakan oleh keluarga besar KBRI dan masyarakat Indonesia di Dakar. Bendera merah putih juga terus berkibar di tengah lapangan di depan panggung utama pada saat seluruh peserta festival bernyanyi dan berjoget gembira bersama dengan iringan musik dan tarian Afrika.

Partisipasi KBRI Dakar dalam acara World Cultural Month sangat penting guna memperkenalkan Indonesia secara lebih luas terutama dari aspek budaya. Terbukti para pengunjung sangat antusias dan beramai-ramai mengunjungi booth Indonesia, dan seluruh kuliner Indonesia hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama ludes oleh para pengunjung. Ajang promosi tersebut diharapkan dapat memberikan daya tarik bagi warga Senegal dan warga asing untuk datang ke Indonesia, baik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata maupun membeli produk kerajinan tangan khas Indonesia.

​Pada acara World Cultural Month kali ini, booth Indonesia mendapat penghargaan sebagai booth terbaik dan terfavorit.

Press Release Budaya Indonesia Terbaik di World Cultural Month 2016.pdf