Meningkatkan Ekspor dengan Bersinergi dan Berpromosi Rumput Laut Indonesia pada International Seaweed Symposium

International Seaweed Symposium (ISS) merupakan simposium internasional Rumput Laut yang dilakukan per 3 (tiga) tahun sekali, pada simposium sebelumnya, Indonesia telah menjadi tuan rumah di Bali. Simposium ini dihadiri oleh pelaku usaha, peneliti, dan pengamat komoditas Rumput Laut dari 50 (lima puluh) negara. Delegasi Indonesia langsung dipimpin oleh Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia dan dari pemerintah telah hadir juga delegasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Target  Indonesia pada ISS yang dilaksanakan di Kopenhagen, Denmark dari tanggal 20-24 juni 2016 adalah untuk meng-counter isu negatif terhadap produk Rumput Laut yaitu Karagen Indonesia, salah satu strateginya adalah dengan melibatkan para peneliti internasional dan pengguna pada jaringan internasional Rumput Laut ini.

 

Duta Besar RI, Ibnu Said turut menghadiri saat plenary session. Pada sesi ini, Dubes RI berkesempatan bertemu dengan beberapa tokoh internasional Rumput Laut Internasional dari Denmark, Meksiko, dan Philipina. Kehadiran Dubes RI juga merupakan bentuk dukungan terhadap delegasi Indonesia untuk mempromosikan Rumput Laut yang akan dilaksanakan dalam satu sesi pada tanggal 23 Juni 2016 dengan mengundang para peserta simposium dan jaringannya.

 

Acara simposium ini terus berlangsung dengan berbagai topik terkait Rumput Laut yang terdiri dari forum pertemuan, diskusi, dan resepsi.​