ASIFA Indonesia ikuti DANA CUP 2016 di Hjørring, Denmark

Kopenhagen, 24 Juli 2016

Sekretaris II/Konsuler KBRI Kopenhagen, Aria Chandra Utama mewakili Duta Besar RI – Kopenhagen menyambut kedatangan dan sekaligus memberi semangat kepada Tim ASIFA Indonesia di Pelabuhan Frederikshavn, Denmark pada  Minggu, 24 Juli 2016 Pukul 19.30 WS. Tim Asifa Indonesia yang dipimpin Dr. ZAINAL ARIFIN, SPOG datang ke Hjørring, Denmark untuk mengikuti turnamen Internasional “DANA CUP 2016” yang akan diselenggarakan pada 25 – 30 Juli 2016. Tim terdiri dari 30 pemain (16 pemain U-15 dan 13 pemain U-14) dan 9 Official. 

Saat bertemu dengan Zainal Arifin, diperoleh penjelasan bahwa Tim Asifa Indonesia        sebelumnya telah  mengikuti turnamen GOTHIA CUP 2016 di Swedia (18 – 23 Juli 2016).  Tim berhasil menjuarai Gothia Cup kategori U-15 menumbangkan wakil tuan rumah, IF Elfsborg, Swedia dengan skor 3-1 di Gamla Ullevi, Swedia, Sabtu (23/7/2016). DANA CUP merupakan turnamen internasional di Denmark, pernah diikuti oleh pemain-pemain sepakbola top dunia sebelum mereka menjadi pemain profsional seperti Ze Roberto, Brian Laudrup, Peter schmeichel dan lain-lain, dimulai sejak tahun 1992. Setiap tahun Dana Cup selalu diikuti klub-klub besar di dunia seperti Sao Paulo Brazil, Chivas Mexico, Cruz Azul Mexico, Ipwich Town England, dan lain-lain. Peserta lebih dari 800 team pertahun, memainkan lebih dari 2000 pertandingan.

 

Lebih lanjut Zainal menjelaskan, ASIFA (Aji Santoso International Football Academy) Indonesia merupakan Akademi Sepakbola Internasional Aji Santoso – sebuah institusi sepakbola yang profesional dan bertaraf Internasional, yang merupakan Akademi Sepakbola Profesional Pertama di Indonsia didirikan pada tahun 2013 di Kota Malang. Akademi ini dikelola secara profesional oleh sebuah manajemen swasta dan mandiri yang berawal dari keprihatinan akan kurangnya sarana yang memadai untuk pembinaan sepakbola usia muda (12 – 17 tahun). Sebagai salah satu program yang menjadi unggulan di ASIFA, adalah program yang bertujuan memberikan pengalaman bertanding dengan taraf internasional. Untuk itu,  ASIFA memprogramkan secara regular dengan mengikuti berbagai kejuaran Sepakbola usia muda internasional, baik yang sifat regional (Asia ) maupun dunia, termasuk mengikuti turnamen bertaraf Internasional seperti GOTHIA CUP di Swedia dan DANA CUP di Denmark dan  diselenggarakan setiap bulan Juli.

 

Sebagai informasi, bahwa turnamen DANA CUP di Hjørring, Denmark telah dibuka secara resmi di HALLEN PARK VENDIA pada Senin 25 Juli pukul 19.30 WS. Pertandingan dimulai Selasa, 26 Juli 2016. Setiap grup terdiri dari 4 atau 5 tim, yang masing – masing akan saling bertemu. Bagi tim yang menempati peringkat pertama dan kedua akan lanjut ke playoff A dan sisanya masuk ke playoff B. Final akan dilaksanakan hari Jum’at dan Sabtu (29 dan 30 Juli 2016) . Usia yang akan di pertandingkan antara lain U-14 (2002) dan U-15 (2001). Jadwal pertandingan dapat diakses pada websiste : www.danacup.com

 

KBRI Kopenhagen sangat mengharapkan diaspora Indonesia, khususnya masyarakat Indonesia yang berdomisili di Hjørring dan sekitarnya datang dan memberikan semangat serta dukungan pada saat Tim Sepakbola ASIFA Indonesia berlaga di arena DANA CUP 2016 ini.​