Irene, Pecatur putri Indonesia Tampil gemilang di turnamen catur Denmark

​​​

Nama Indonesia kembali bergema di Denmark setelah Irene Kharisma Sukandar, salah satu wakil Indonesia berpredikat Grand Master Catur Putri yang ikut ambil bagian dalam International Chess Tournament 2017, diumumkan sebagai pecatur putri terbaik dengan perolehan skor tertinggi dibanding pecatur putri lainnya. 

Irene tercatat sebagai pemain putri terbaik Indonesia dan telah menyandang Grandmaster Internasional Wanita (GMIW) terhitung mulai Desember 2008 di saat baru berusia 16 tahun. Hingga saat ini Indonesia memiliki tujuh Grandmaster yang memiliki prestasi dan keunggulan dalam permainan catur. Kompetisi  Internasional Chess Tournament 2017 yang diselenggarakan di Denmark ini diikuti oleh pecatur dari 33 negara termasuk pecatur Sven Magnus Carlsen juara dunia asal Norwegia. 

Duta Besar RI untuk Kerajaan Denmark, M. Ibnu Said dalam pernyataannya menyampaikan rasa senang dan gembira atas hasil yang diperoleh oleh Irene Kharisma Sukandar, yang telah menghabiskan waktu selama 10 hari bertanding dengan capaian dan hasil maksimal serta memuaskan. Menanggapi hal tersebut Irene menyampaikan bahwa semua hasil dan prestasi yang diperoleh adalah berkat dukungan dan doa dari kedua orang tua dan keluarga. Irene  bercerita dirinya mulai menggemari permainan catur sejak berusia tujuh tahun, hobby bermain  catur membawanya menjuarai berbagai tournamen di dalam dan luar negeri, hingga kini tercatat telah mengikuti turnamen catur di 55 negara di dunia demi meningkatkan prestasi dan tentunya membawa nama Indonesia dalam kancah percaturan Internasional khususnya pecatur putri dunia.

Irene juga mengungapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan perhatian penuh yang diberikan oleh KBRI Kopenhagen selama 10 hari berada di arena kompetisi hingga akhirnya bisa kembali membawa nama bangsa sebagai pecatur terbaik putri. Secara umum tampil sebagai juara dalam Tournamen ini antara lain pecatur asal Georgia  yang meraih gelar Juara pertama, disusul oleh pecatur dari India dan Kroasia. Tournamen ini berlangsung sejak tanggal 22 - 31 Juli 2017 bertempat di Arena Konventum Helsingor Denmark.