WNI di Maladewa Antusias Hadiri “Warung Konsuler” KBRI Colombo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 17 Januari 2010, KBRI Colombo telah berkunjung ke Male’, ibu kota Maladewa, untuk memberikan pelayanan kekonsuleran dalam bentuk “Warung Konsuler” kepada para WNI di Maladewa yang hampir seluruhnya bekerja di sektor industri pariwisata dengan berbagai profesi seperti spa therapist, manager, waitress, dan chef. Bentuk pelayanan kekonsuleran yang diberikan adalah lapor diri disertai dengan pemberian stempel penduduk luar negeri, perpanjangan paspor dan konsultasi seputar masalah kekonsuleran seperti kontrak kerja, pernikahan dengan warga negara asing dan pemberian dokumen perjalanan.
 
“Warung Konsuler” ini mendapatkan respon yang sangat baik. Tercatat 111 orang yang melaporkan diri dan 6 orang yang memperpanjang paspor. Sangat baiknya respon masyarakat ini disebabkan oleh beberapa faktor utamanya a komunikasi dan koordinasi yang baik antara KBRI Colombo dengan perwakilan-perwakilan masyarakat Indonesia di Maladewa dalam penyebaran informasi. Sebagian masyarakat mengharapkan agar KBRI dapat melakukan pelayanan kekonsuleran di Maladewa secara regular mengingat jumlah WNI yang mencapai hampir 400 orang.
 
Mengingat baiknya respon dan mempertimbangkan bahwa pelayanan kekonsuleran ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia di Maldives, maka KBRI Colombo yang merangkap Maladewa akan melaksanakan kegiatan “Warung Konsuler” ini secara regular di tempat-tempat dimana konsentrasi WNI di Maladewa berada.
 
(Konsuler KBRI Colombo)