Masyarakat Indonesia di Sri Lanka Rayakan Kegembiraan HUT Kemerdekaan RI Bersama Kelompok “Geronimo”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Berbagai lapisan masyarakat Indonesia yang bekerja di Sri Lanka berkumpul dan bersama-sama merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-64 di KBRI Colombo pada tanggal 17 Agustus 2009. Masyarakat Indonesia yang bekerja di luar kota Colombo seperti Mannar, Trincomalee, Hambantota, Galle, dan Kawutara datang ke Colombo, beberapa bahkan sengaja menginap di Colombo untuk dapat mengikuti mengikuti upacara bendera pada pagi hari Senin, 17 Agustus 2009.  Sejumlah anggota Sri Lanka-Indonesia Friendship Association juga turut hadir mengikuti upacara bendera. Duta Besar Djafar Husein bertindak sebagai inspektur upacara yang diikuti oleh sekitar 250 orang WNI.
 
Panggung gembira KBRI yang diadakan setelah upacara bendera, kali ini istimewa karena menghadirkan kelompok “Geronimo” dari Jakarta. Kelompok “Geronimo” menampilkan tari-tari daerah dan lagu-lagu Indonesia. Keriuhan penonton tidak tertahankan ketika kelompok seni pimpinan dr. Anton Issudibyo ini memulai penampilannya dengan tari Jaipongan yang dibawakan oleh lima orang penari. Penampilan profesional “Geronimo” sangat dirasakan menghibur masyarakat Indonesia di Sri Lanka. Kemeriahan panggung gembira ini juga diramaikan dengan sejumlah pemberian hadiah “lucky draw” di mana hadiah puncaknya adalah dua tiket pesawat Colombo – Jakarta pulang pergi.
 
Masyarakat Indonesia di Sri Lanka berjumlah sekitar 300 orang dan bekerja di berbagai sektor. Pada saat ini ditengah kondisi keamanan yang semakin membaik di Sri Lanka, maka terdapat kemudahan untuk bepergian di Sri Lanka. Namun Duta Besar Djafar Husein tidak lupa mengingatkan WNI agar selama berada di Sri Lanka  tetap mematuhi peraturan yang berlaku sehingga dapat dengan tenang melakukan aktifitasnya masing-masing.
 
Sebagai rangkaian HUT RI kali ini di Colombo  telah diselenggarakan “Indonesian Food and Cultural Festival” dari tanggal 10 – 18 Agustus 2009 di Hotel Hilton Colombo. Menurut Food and Beverage Manager Hilton, Mr. Kopilla Mohotti, tidak kurang setiap malamnya 150 – 200 orang pengunjung datang menikmati kuliner dan penampilan budaya Indonesia.
 
Dukungan media Sri Lanka terhadap HUT Kemerdekaan RI kali ini juga tidak kalah besarnya. Tiga media nasional berbahasa Inggris di Sri Lanka yaitu “Daily News”, “The Island”, dan “The Daily Mirror” telah memuat suplemen media mengenai Hari Kemerdekaan Indonesia. Sejumlah artikel seperti pesan Duta Besar, prospek ekonomi Indonesia, dan promosi daerah wisata di Indonesia dimuat di media-media tersebut. Sementara TV Nasional Sri Lanka “Rupavahini” pada malam harinya menampilkan pesan Duta Besar mengenai kemerdekaan RI dan kedekatan hubungan bilateral kedua negara selama 15 menit pada saat prime time.
 
(Sumber KBRI Colombo)

Keterangan foto:
Suasana Upaca Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-64 di KBRI Colombo