“Irresistably Indonesian”: Diplomasi Kuliner dan Budaya Indonesia di Sri Lanka

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Colombo bekerja sama dengan Hilton Colombo menyelenggarakan Indonesian Food Festival dengan tema “Irresistably Indonesian” dari tanggal 10 hingga 18 Agustus 2009 di Hilton Colombo. 
 
Kegiatan yang memadukan kuliner dengan pertunjukan seni budaya Indonesia merupakan terobosan KBRI Colombo untuk memperkenalkan sekaligus mengobati kerinduan masyarakat Sri Lanka terhadap masakan dan kesenian Indonesia. Dua Chef asal Jakarta, Chef Eksan dan Chef Indra, dengan dukungan sepenuhnya dari para chef Hilton Colombo menyajikan berbagai masakan Indonesia.
 
Sedangkan kelompok “Geronimo” pimpinan dr. Anton Issoedibyo menampilkan berbagai tari dan lagu daerah Indonesia. “Irresistably Indonesian” merupakan satu wujud diplomasi kuliner berpadu dengan diplomasi budaya Indonesia di Sri Lanka.
 
Duta Besar RI untuk Sri Lanka, Djafar Husein, bersama Menteri Perminyakan Sri Lanka/Ketua Asosiasi Persahabatan Parlemen Indonesia – Sri Lanka A. H. M. Fowzie, dan  General Manager Hilton Colombo Jerome Auvity membuka Indonesian Food Festival pada tanggal 10 Agustus 2009 di Hilton Colombo. Acara pembukaan dihadiri oleh kalangan diplomatik, pejabat setempat, WNI dan masyarakat setempat. Menurut Duta Besar Djafar Husein, setelah sekian lama Indonesian Food Festival tidak berlangsung di Sri Lanka, maka penyelenggaraannya kali ini merupakan langkah terobosan untuk semakin memperkuat citra positif kuliner dan budaya Indonesia di luar negeri.
 
Sejak pemerintah Sri Lanka berhasil mengalahkan terorisme, kondisi keamanan di negeri ini menjadi semakin baik dan normal. Saat ini terdapat peningkatan kunjungan wisatawan ke Sri Lanka. Kondisi yang semakin baik ini merupakan peluang bagi promosi makanan dan budaya Indonesia.
 
Menurut pihak Food and Beverage Hilton, diperkirakan dalam satu hari food festival ini akan dihadiri 150 – 250 orang. 
KBRI Colombo menyelenggarakan Indonesian Food Festival sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-64. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai perlombaan yang diikuti masyarakat Indonesia di Sri Lanka. Puncak peringatan HUT RI di Sri Lanka akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan upacara bendera di KBRI Colombo yang selain diikuti oleh masyarakat Indonesia juga asosiasi persahabatan Sri Lanka – Indonesia. Setelah upacara berlangsung akan dilaksanakan lomba dan kegiatan gembira, serta panggung hiburan yang juga akan menampilkan kelompok Geronimo.
 
(Sumber: KBRI Colombo)
Keterangan Foto:
 
(1)
Jerome Auvity, General Manager Hilton Colombo (paling kanan), Menteri Perminyakan Sri Lanka/Ketua Asosiasi Persahabatan Parlemen Indonesia – Sri Lanka A. H. M. Fowzie (nomor dua dari kanan),  Duta Besar Djafar Husein (nomor tiga dari kanan) didampingi oleh penyanyi dan penari “Geronimo” membuka Indonesian Food Festival pada tanggal 10 Agustus 2009 di Hilton Colombo.
 
(2)
Penampilan penari “Geronimo” dihadapan pengunjung Indonesian Food Festival, Hilton Colombo.