Indonesia Peringkat Pertama Pra-kualifikasi Piala Davis Junior BNP Paribas di Kolombo, Sri Lanka

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Suharyadi, pelatih tim temis Indonesia U-16 akhirnya berhasil membawa para petenis muda Indonesia, Iswan Ramdani, Wisnu Adi Nugroho, dan David Manoah Yosua, membawa peringkat pertama babak pra-kualifikasi wilayah Asia/Oseania Piala Davis Junior 2010, 22-26 Februari 2010 di Colombo. Bersama Indonesia, turut lolos Kazakhstan pada peringkat kedua dan Syria pada peringkat ketiga. Indonesia berhasil mengalahkan Kazakhstan dalam pertandingan yang berlangsung pada 26 Februari 2010.

Sebelumnya Indonesia mengalahkan tim Syria dalam pertandingan yang berlangsung pada 25 Februari 2010. Babak kualifikasi, nantinya akan diselenggarakan di Kuching, Malaysia pada bulan Mei 2010. Tim Indonesia terdiri dari tiga pemain muda dibawah usia 16 tahun yaitu Iswan Ramdani, Wisnu Adi Nugroho, dan David Manoah Yosua serta didampingi oleh Suharyadi sebagai pelatih. Setiap pertandingan terdiri dari dua kali laga tunggal dan satu kali ganda. Dalam pertandingan melawan tim Suriah, pemain tunggal putra Indonesia Wisnu Adi Nugroho menghadapi perlawanan yang sengit dari petenis Syria, Amir Naow, sehingga pertandingan berlangsung hampir 3 jam. Namun akhirnya Wisnu berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 7-5 dan 6-4. Indonesia berada dalam Grup 1 bersama Saudi Arabia, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Pada 22 Februari 2010 tim Indonesia menang telak 3-0 melawan Bangladesh. Kemenangan ini berlanjut pada 23 Februari 2010 dimana Tim Indonesai kembali menang 3-0 melawan tim Saudi Arabia. Pada 24 Februari 2010 dimana dilangsungkan pertandingan terakhir untuk Grup 1, Indonesia mendapat perlawanan dari tim Sri Lanka melalui pemain tunggalnya Vimukhta De Alwis yang memenangkan pertandingan tunggal melawan Iswan Ramdani. Namun pada pertandingan tunggal dan ganda berikutnya Indonesia berhasil membukukan kemenangan menjadi 2-1 sehingga Indonesia menjadi peringkat pertama untuk Grup 1. Grup 2 terdiri dari Kazakhstan, Singapura, dan Suriah.

Dukungan masyarakat Indonesia terutama KBRI Kolombo terlihat meriah di tengah minimnya para penonton. Kibaran bendera merah putih dan terikan-teriakan memberi semangat terus diberikan oleh masyarakat Indonesia. Duta Besar Indonesia untuk Sri Lanka, Djafar Husein, juga turut hadir menyemangatai pemain Indonesia pada saat babak final melawan Kazakhstan. Di tengah maraknya turnamen tenis tingkat dunia saat ini, besar harapan masyarakat Indonesia agar pemain muda ini nantinya suatu ketika akan membawa harum nama Indonesia terutama di dunia tenis internasional.

Piala Davis Yunior oleh BNP Paribas merupakan kompetitisi tim utama tingkat internasional bagi calon-calon bintang tenis dunia yang berusia di bawah 16 tahun. Pada tahun 2010, final dilangsungkan di kota San Luis Potosi, Mexico, pad abulan Oktober. Melalui kompetisi ini para pemain muda tenis akan memperoleh kesempatan untuk merasakan suasana Piala Davis yunior pada tahap awal karir mereka. Tercatat pemain tingkat dunia yang pernah berlaga pada Piala Davis Yunior adalah Andy Roddick dan Raffael Nadal.