Pidato Duta Besar dalam Perayaan Natal Bersama Masyarakat Indonesia Colombo, 25 Desember 2012

12/25/2012

 

?

Bapak dan Ibu segenap masyarakat Indonesia yang berbahagia,

Selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua,

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan selamat dan salam bahagia kepada Bapak dan Ibu umat Kristiani dalam kesempatan perayaan Natal Bersama Masyarakat Indonesia tahun 2012. Semoga perayaan Natal tahun ini dapat menambah terjaganya kerukunan, kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan umat.

 

Saudara-saudara sekalian,

 

Natal membawa pesan yang dalam, yaitu perdamaian. Kita patut bersyukur bahwa kita berada dalam kondisi yang aman dan harmonis. Lingkungan ini dibangun atas rasa saling percaya, solidaritas dan toleransi.

Kemajemukan sesungguhnya adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang patut kita syukuri. Keberagaman merupakan media kita untuk memahami nilai-nilai keagamaan dengan persepsi yang tepat. Keberagaman yang tumbuh secara co-existence menjadi elemen penting agar kita tetap dapat menjaga jatidiri sebagai bangsa yang menerapkan nilai-nilai luhur dari Bhineka Tunggal Ika.

 

Selain itu, Saudara-saudara sekalian, perbedaan juga adalah keindahan. Dia memperkaya pengalaman hidup kita. Melalui perbedaan, dapat tumbuh koherensi sosial yang berdasarkan pada semangat menghargai dan menyayangi.

 

Dan saya senang sekali bahwa kita semua di sini berkumpul dalam semangat tersebut. Latar belakang kita yang begitu majemuk bukanlah penghalang untuk tetap saling menghormati dan menghargai perbedaan.

 

Saudara-saudara sekalian yang berbahagia,

 

Melalui perayaan Natal Bersama ini, semoga Saudara-saudara dapat memperbaharui semangat perdamaian, dan saling menghargai. Semoga kita dapat merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari agar kebersamaan di antara kita ini dapat terus terjaga, termasuk dengan saudara-saudara kita yang berbeda keyakinan.

 

Saya juga mengganggap Natal sebagai momentum untuk memperbaharui iman, berbagi cinta kasih, serta mengagungkan kesederhanaan dan solidaritas. Makna Natal ini akan menambah motivasi dan usaha kita untuk tetap menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang luhur. Saya yakin bahwa, dengan semangat Natal tersebut, Saudara-saudara akan menjadi cerminan terbaik umat Kristiani Indonesia di lingkungan masing-masing.

 

Demikian pesan dan harapan saya dalam kesempatan yang indah ini. Sekali lagi, kepada umat Kristiani di Sri Lanka dan Maladewa, khususnya yang berkumpul hari ini, saya mengucapkan selamat Natal. Dan juga selamat menyongsong Tahun baru 2013 kepada kita semua. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa selalu melimpahkan kasih sayang dan lindungan-Nya kepada kita semua.

 

Sekian, terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat malam, salam sejahtera.