Kunjungan Persahabatan KRI Dewaruci di Colombo

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada Minggu (23/09) KRI Dewaruci yang singgah di Colombo Port, Sri Lanka dan KBRI Colombo menyelenggarakan “Onboard Visit to Dewaruci 2012” bagi sekitar 140 orang undangan, yang terdiri dari masyarakat Indonesia dan Sri Lanka. Pengunjung menikmati pertunjukan tari Reog Ponorogo, Remo dan musik kreatif dari para awak kapal, yang membuat banyak pengunjung dewasa dan anak-anak menari bersama.

 

Selesai acara utama, para undangan bebas melihat-lihat geladak yang penuh dengan karya ukiran dan ragam dekoratif khas Indonesia. Mereka bertanya langsung kepada awak kapal mengenai kapal dan misi keliling dunia, termasuk kepada Komandan KRI yaitu Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto. Beberapa pengunjung bahkan menerima tantangan untuk memanjat tiang layar KRI, tentunya di bawah pengawasan dan pengamanan awak kapal.

 

“Onboard Visit to Dewaruci 2012” merupakan acara sosial kedua setelah Onboard Reception pada Sabtu malam (22/09) yang dihadiri oleh jajaran pejabat AL Sri Lanka. Dalam Onboard Reception tersebut, para undangan menikmati pertunjukan tari-tarian dari Papua, Jawa Timur, dan Sumatra serta musik live dari awak kapal.

 

Bertolak ke Indonesia

 

Pagi ini (25/09), KRI Dewaruci telah berangkat dari Colombo Port menuju Indonesia dengan rute Medan, Jakarta dan Surabaya. KUAI KBRI Colombo beserta segenap staf KBRI Colombo dan Atase Pertahanan RI/KBRI New Delhi, juga jajaran AL Sri Lanka mengantar keberangkatan kapal berjenis Barquentine tersebut untuk mengucapkan selamat jalan.

 

Secara khusus, KUAI KBRI Colombo Bapak Albert Abdi menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat segenap awak KRI Dewaruci yang mempromosikan citra positif Indonesia kepada masyarakat Sri Lanka. KUAI juga mengucapkan selamat merampungkan misi keliling dunia dengan tetap menjaga kewaspadaan dan kekompakan.

 

Atase Pertahanan RI/KBRI New Delhi, Kolonel Laut (E) I Putu Arya Angga S. juga mengucapkan selamat kepada segenap awak kapal dalam mengemban misi promosi. Selain itu, pengalaman selama menjalankan misi merupakan pelajaran berharga yang dapat meningkatkan profesionalitas dan esprit de corps jajaran TNI AL.

 

Atas nama seluruh personel KRI, Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan sambutan Pemerintah Sri Lanka dan KBRI, dan pamit untuk meneruskan perjalanan.

 

Sesuai dengan tradisi khas AL Sri Lanka, keberangkatan KRI diiringi dengan musik bagpipes, yang diadopsi dari Inggris Skotlandia. Beberapa musik instrumental seperti “Scotland the Brave” dan “I’m Sailing”, yang dipopulerkan Rob Stewart, mengiringi kapal mulai dari angkat sauh sampai dengan putar haluan sempurna menuju laut lepas.

 

Dengan demikian, seluruh rangkaian acara dalam rangka persinggahan KRI Dewaruci di Colombo selesai. Kapal bertolak dari Colombo untuk kembali ke Indonesia menuju Medan dan Jakarta, dan berlabuh di Surabaya.