Promosi Indonesia kepada International Woman Associates melalui "Indonesian Cultural Day" di Chicago

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KJRI Chicago bekerjasama dengan Dharma Wanita KJRI Chicago dan International Woman Associates IWA) telah menyelenggarakan acara" Indonesian Cultural Day" pada hari Sabtu tanggal 4 April 2009 bertempat di Woman Athletic Club (WAC) Chicago. Acara dihadiri oleh mayoritas anggota IWA yang mewakili berbagai bangsa dan negara, termasuk beberapa diantaranya adalah kalangan diplomatik dari beberapa Konsulat Jenderal asing di Chicago.
 
Acara yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia kepada IWA ini antara lain menampilkan presentasi tentang Indonesia, tari-tarian tradisional Indonesia, antara lain tari Pendet (Bali) dan tari Merak (Jawa) dan ensemble musik tradisional Angklung yang dibawakan oleh anggota Dharma Wanita Persatuan, Staf KJRI Chicago dan beberapa anggota masyarakat, termasuk beberapa musisi/seniman Chicago.
 
KJRI juga membuka ‘booth’ yang menyediakan brosur dan katalog-katalog promosi seni budaya dan pariwisata Indonesia, termasuk DVD tentang tujuan-tujuan wisata di Indonesia. Presiden IWA, Mrs. D. Clancy dalam sambutannya pada intinya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada KJRI Chicago dan Dharma Wanita atas kerjasamanya dalam penyelenggaran acara seni budaya Indonesia ini. Disampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari program IWA dalam memperkenalkan seni budaya bangsa-bangsa lain di dunia dan kali ini Indonesia terpilih menjadi “highlight”.
 
Acting Konsul Jenderal dalam sambutannya antara lain menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada President IWA dan WAC atas kesempatan yang diberikan kepada KJRI dan Dharma Wanita untuk memperkenalkan Indonesia melalui presentasi tentang Indonesia dan penampilan seni budaya tradisional yang dikemas dalam acara "Indonesian Cultural Day". Acting Konjen menyampaikan bahwa melalui program pengenalan budaya semacam ini diharapkan dapat terjalin hubungan baik dan saling pengertian diantara berbagai bangsa. Sebagai perpanjangan dari program "Visit Indonesia Year 2008", pemerintah Indonesia menyelenggarakan ribuan program seni budaya di seluruh Indonesia dalam rangka "Visit Indonesia Year 2009". Untuk itu, Acting Konjen mengundang anggota IWA untuk berkunjung ke Indonesia guna melihat langsung keindahan pemandangan dan menyaksikan keunikan budaya Indonesia yang beraneka ragam.
 
Konsul Fungsi Pensosbud dalam presentasinya sekitar 20 menit antara lain memberikan penjelasan singkat mengenai latar belakang sejarah Indonesia, sistim pemerintahan, kekayaan seni budaya tradisional Indonesia, serta keindahan daerah-daerah tujuan utama wisata di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk eco-tourism dan wisata kuliner dengan menampilkan gambar-gambar yang menarik di layar presentasi power point. Konsul Fungsi Pensosbud juga menjelaskan secara singkat mengenai peraturan Visa kunjungan turis dan sosial serta mengajak para undangan untuk mengunjungi Indonesia.
 
Pertunjukan seni budaya Indonesia diramaikan oleh permainan Angklung diiringi nyanyian yang dibawakan oleh sekitar 20 orang pemain yang mengenakan berbagai pakaian tradisional Indonesia dan menampilkan beberapa lagu, antara lain, La Paloma, Cucak Rawa, Dahil Sayo dan Jakarta-Jakarta. Pemandu acara resmi dibawakan oleh Chairman of IWA Asian Group, Mrs. Kuri Shae dan pembawa acara hiburan oleh seniman AS asal Chicago, Danny Nicky yang juga sempat menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” serta menjelaskan mengenai permainan musik angklung serta tari-tarian yang ditampilkan. Sebelum acara makan siang yang disiapkan oleh IWA, dilakukan pemberian tanda terima kasih dan kenang kenangan dari Presiden IWA kepada Acting Konsul Jenderal. Sebagai balasan telah diserahkan pemberian kenang-kenangan dari Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI Chicago, Ibu Stephanus M. Suwaryanto kepada Presiden IWA, Mrs. D Clancy berupa “Indonesian Cooking Book” dalam edisi bahasa Inggris dengan harapan agar masakan Indonesia dapat dipertimbangkan untuk menjadi salah satu materi “cooking demo” IWA.
 
International Woman Associates (IWA) in Chicago adalah sebuah lembaga/organisasi non-profit yang bertujuan memberikan edukasi bagi para wanita yang berasal dari seluruh dunia melalui promosi pertukaran budaya, dialog, dan jalinan perssahabatan. Dengan menciptakan hubungan diantara anggotanya yang terdiri dari berbagai bangsa dan dengan organisasi-organisasi lain, IWA mempunyai visi untuk mewujudkan saling pengertian dan kemanusiaan dalam konteks universal. Anggota IWA berjumlah sekitar 450 orang yang berasal dari 60 negara dengan latar belakang berbagai profesi, termasuk kalangan diplomatik yang tertarik pada bidang pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan.
 
IWA didirikan pada tahun 1978 sebagai bagian dari “the International Visitors Center of Chicago” dibawah kepemimpinan Mrs. Doe Thornburg yang mengabdikan hidup dan kariernya untuk mewujudkan pertukaran ide-ide inovatif diantara berbagai bangsa. Ia meyakini bahwa hubungan inter-personal dapat mengubah kehidupan dalam konteks yang lebih bernilai dan tidak dapat terukur.
 
Penyelenggaraan acara “Indonesian Cultural Day” ini mendapat sambutan sangat baik dari seluruh undangan yang mayoritas adalah anggota International Woman Associates. Mereka sangat menikmati presentasi tentang Indonesia serta penampilan tarian dan musik angklung tersimpul dari komentar-komentar dan pujian yang mereka lontarkan pada saat makan siang bersama. Sebagian besar dari para undangan menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia. Kerjasama dengan lembaga-lembaga non profit semacam ini kami manfaatkan sebagai salah satu ajang atau sarana untuk mempromosikan Indonesia di wilayah kerja KJRI Chicago. Chicago, 6 April 2009