Perayaan Hari Ibu ke-81 dan HUT DWP ke-10 di KJRI Chicago

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KJRI Chicago bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan KJRI Chicago  telah menyelenggarakan Upacara dan Perayaan Peringatan Hari Ibu ke-81 sekaligus Upacara  dan Perayaan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke-10 bertempat di Aula KJRI Chicago pada tanggal 26 Desember 2009. Meskipun cuaca di luar sangat dingin dengan turunnya salju yang tebal, acara berlangsung dengan hikmat, tertib, sederhana namun meriah dihadiri oleh sekitar 100 orang masyarakat Indonesia yang berdomisili di wilayah Greater Chicago dan seluruh Staf dan keluarga besar KJRI Chicago.

 

Acara diawali dengan Upacara Peringatan Hari Ibu dengan tema Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki Dalam Pembangunan Nasional” dan Upacara HUT Dharma Wanita Persatuan dengan tema “Melalui HUT ke-10, Kita Tingkatkan Potensi Dari Kreativitas Anggota Dharma Wanita Persatuan” yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua DWP KJRI Chicago, Ibu Patricia Suwaryanto.

 

Acting Konsul Jenderal, Stephanus M.Suwaryanto dalam upacara peringatan hari Ibu membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan yang pada intinya menyampaikan pentingnya peningkatan peran perempuan dan pengakuan terhadap kemampuan perempuan dalam masyarakat maupun pemerintahan demi terwujudnya kesetaraan dalam pembangunan nasional.

 

Sejalan dengan tema hari Ibu, Acting Konjen menghimbau kaum perempuan Indonesia untuk mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah untuk memperbaiki kondisi kaum perempuan, serta terus meningkatkan kualitas, kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki untuk disumbangkan bagi keluarga, masyarakat, dan juga bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Masa depan bangsa Indonesia ada di tangan kaum perempuan yang melahirkan, membesarkan serta mendidik anak-anaknya sebagai generasi penerus bangsa, yang membangun karakter dan budi pekerti bangsa menuju Indonesia yang adil, demokratis, aman dan sejahtera. Selaku penasehat Dharma Wanita Persatuan KJRI Chicago, Acting Konsul Jenderal menekankan perlunya untuk lebih meningkatkan peran Dharma Wanita melalui kontribusi aktif dan kreativitas dalam berbagai kegiatan yang menunjang upaya promosi Indonesia di kalangan masyarakat AS  di wilayah kerja KJRI Chicago.

 

Perayaan Hari Ibu dan Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan kali ini dimeriahkan dengan Lomba Nasi Tumpeng tradisional Indonesia yang menampilkan tumpeng-tumpeng dengan tema-tema yang mengandung makna, seperti tema bintang yang melambangkan peran Ibu dalam rumah tangga, tema hiasan alam Indonesia, dan nasi tumpeng sehat yang terbuat dari beras merah. Masing-masing peserta menjelaskan tema tumpengnya. Lomba ini dimenangkan oleh 3 orang peserta warga masyarakat Indonesia.

 

Acara dimeriahkan pula dengan permainan suami-suami yang memoleskan lipstick ke bibir isterinya masing-masing dengan mata yang ditutup kain. Selain itu ditampilkan pula beberapa lagu yang bertema Ibu, antara lain dibawakan oleh Danny Nicky, guru dan seniman Chicago yang menyanyikan lagu “Di doa Ibuku, namaku disebut”, Roy Parengkuan yang menyanyikan lagu “Sio Mama’e” dan Konsul Fungsi Pensosbud yang menyanyikan lagu “Bunda” dan mengiringi anak-anak yang menyanyikan lagu “Kasih Ibu” .Acara diselingi dengan pemutaran video slide-show hari Ibu yang menampilkan tokoh-tokoh perempuan Indonesia di Chicago dan makan siang yang menyajikan berbagai jenis hidangan khas Indonesia. (Sumber : KJRI Chicago)