Pemerintah Illinois ingin perluas kerjasama dengan Indonesia dan tawarkan program “Sister River”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mewakili Konsulat Jenderal RI Chicago, Konsul Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya, Sylvia Shirley Malinton mengadakan pertemuan makan siang dengan Gubernur negara bagian Illinois, Pat Quinn dan Sekretaris Negara bagian Illinois, Jesse White pada tanggal 20 Januari 2010 di Chicago. Pertemuan diawali dengan wawancara dengan sekelompok wartawan dari beberapa media cetak, radio dan televisi terkemuka Illinois, antara lain Chicago Tribune, Chicago Sun Times, radio WBBM, televisi FOX News, IRN, dan ABC News Channel 7. Sebelum wawancara, Secretary of State of Illinois, Jesse White dan Gubernur Pat Quinn memperkenalkan Konsul Fungsi Pensosbud kepada media cetak, radio dan televisi. Gubernur Quinn mengatakan bahwa pemerintah Illinois akan memperluas dan meningkatkan kerjasama dengan negara-negara di Asia yang potensial, seperti Indonesia, terutama di bidang pendidikan, ekonomi, dan budaya.

Para wartawan menyampaikan pertanyaan seputar kampanye pencalonan kembali Gubernur Pat Quinn dari Partai Demokrat sebagai Gubernur Illinois menjelang pemilihan pendahuluan (primary election) tanggal 2 Februari 2010, program kerja, dan strategi Quinn dalam menghadapi saingan kandidat Gubernur dari Partai Demokrat, Dan Hynes dan beberapa saingan dari Partai Republik, terutama Robert Schillerstrom yang kerap mengkritiknya. Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dimaksud, secara singkat Quinn menyampaikan visi dan misinya untuk memulihkan perekonomian Ilinois dan menurunkan tingkat pengangguran. Quinn menolak untuk menanggapi kampanye-kampanye negatif tentang dirinya.

Dalam pertemuan makan siang, Konsul Pensosbud memberikan gambaran singkat mengenai Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Gubernur mengenai potensi Indonesia di berbagai bidang. Gubernur Quinn kembali menekankan keinginannya untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia di bidang kerjasama pendidikan, ekonomi dan pertukaran budaya. Gubernur juga menyampaikan minatnya untuk menjalin hubungan kerjasama "Sister River", mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau.

Beliau menyampaikan keprihatinan atas terjadinya bencana-bencana alam beberapa tahun terakhir di Indonesia seperti Tsunami di Aceh pada tahun 2004 dan gempa bumi di Sumatra Barat pada tahun 2009 dan mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat sangat memperhatikan bantuan-bantuan kemanusiaan terhadap Indonesia dan negara-negara lainnya yang membutuhkan. Gubernur Pat Quinn menyampaikan pula keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia.

Pada kesempatan ini, Konsul Fungsi Pensosbud menyampaikan permohonan “courtesy call” Konsul Jenderal Chicago yang baru, Benny Bahanadewa dalam bulan Februari mendatang dan disambut baik oleh Gubernur Quinn.

Pertemuan makan siang dengan Gubernur Illinois Pat Quinn dan Secretary of State Jesse White yang diawali dengan liputan beberapa media cetak, radio dan televisi  terkemuka Illinois merupakan 'moment khusus' yang menunjukkan perhatian dan komitmen pemerintah negara bagian lllinois untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan  Indonesia.

Keinginan Gubernur Illinois Pat Quinn untuk memperluas dan mengembangkan kerjasama antara pemerintah negara bagian Illinois dan Indonesia, terutama di bidang pendidikan, ekonomi, budaya, merupakan "peluang" yang sangat baik yang perlu dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia. Demikian pula halnya dengan tawaran kerjasama "Sister River", kiranya perlu ditindaklanjuti dalam langkah konkrit. (Sumber KJRI Chicago)