Konjen RI Hadiri Iowasia Business Summit

Pada tanggal 24-25 September 2015, Konjen RI Chicago didampingi Konsul Muda Ekonomi dan Wakil Kepala ITPC Chicago melakukan kunjungan kerja ke Des Moines, Iowa, dalam rangka menghadiri kegiatan Iowasia Business Summit. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Iowa Asia Alliance–organisasi non-profit komunitas Asia di Iowa,  yang memiliki misi meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara komunitas pengusaha dan investor asal negara bagian Iowa dengan negara-negara Asia termasuk Indonesia. Selain KJRI Chicago, perwakilan negara Asia lainnya yang turut hadir adalah Konsulat Jenderal RRT, Konsulat Jenderal Filipina, Konsulat Jenderal Jepang, dan Kantor Dagang Taiwan. Disamping perwakilan asing, kegiatan tersebut dihadiri sekitar 50 peserta dari kalangan pejabat pemerintah, organisasi pengusaha, dan akademisi di wilayah Iowa.


Kegiatan diawali dengan presentasi tim ahli dari kalangan pengusaha Iowa, sambutan dan pembukaan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Iowa, dan dilanjutkan dengan pertemuan bisnis one-on-one antara masing-masing perwakilan asing dengan kalangan pejabat pemerintah, asosiasi pengusaha, investor serta pimpinan universitas.

Konjen RI juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur Iowa, Terry E. Branstad, dan menjelaskan upaya-upaya KJRI Chicago dalam meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi khususnya sektor perdagangan, investasi, pariwisata, serta kerjasama sosial budaya dan pendidikan antara Indonesia-Iowa. Konjen RI mengapresiasi perusahaan-perusahaan Iowa yang telah menjalin kerjasama investasi dan perdagangan dengan mitranya di Indonesia serta mengharapkan agar hubungan kerjasama tersebut terus ditingkatkan. 
 
Konjen RI mengundang Gubernur Iowa untuk melakukan kunjungan Trade Mission ke Indonesia dalam rangka menjalin kerjasama konkrit terutama di bidang investasi, perdagangan, pariwisata, sosial budaya dan pendidikan antara Indonesia dan Iowa. Untuk itu, Gubernur Iowa menyampaikan akan mendorong semua stakeholders guna mendukung upaya Konjen RI tersebut. Gubernur Iowa mengucapkan terima kasih atas undangan Trade Mission dan akan mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Asia termasuk ke Indonesia.