Indonesia sebagai Ketua dan penyelenggara "The 9th Ramayana Dance Drama 2009" di Chicago

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

IRNA (International Ramayana Institute of North America) dengan dukungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Chicago telah menyelenggarakan pertunjukkan "The 9th Ramayana Dance Drama" pada tanggal 10 Oktober 2009 bertempat di Gedung Kesenian Kampus Northeastern Illinois University, Chicago. Tahun 2009 ini Indonesia berperan selaku tuan rumah penyelenggara Ramayana dengan I Nyoman Mahartayasa (Indonesia) sebagai Presiden/Ketua IRNA 2009. Acara berlangsung meriah dan dihadiri oleh sekitar 500 orang penonton, termasuk tamu-tamu kehormatan, yaitu Illinois Secretary of State, Honorable Jesse White, Wakil Walikota Chicago, Gene Lee, dan pelukis terkenal Indonesia, Mario Blanco.

 

Acting Konsul Jenderal KJRI Chicago dalam sambutannya antara lain menyampaikan penghargaannya kepada IRNA yang berperan dalam melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Ramayana, khususnya di kawasan Amerika Utara. KJRI Chicago selalu mendukung kegiatan pertunjukkan Ramayana.

 

Pertunjukkan sendratari Ramayana ke-9 ini dikemas dalam bentuk pameran dan pertunjukkan sendratari Ramayana selama 1,5 jam. Pada sesi pameran seni budaya dan pariwisata, Indonesia antara lain menampilkan  karya-karya seni berupa foto-foto tentang pemandangan dan budaya Indonesia hasil karya Mario Blanco, putra tunggal pelukis terkenal Antonio Blanco yang berasal dari Bali, dan berbagai macam kerajinan tangan khas Indonesia, KJRI juga menyediakan brosur-brosur mengenai seni budaya dan pariwisata Indonesia.

 

Pertunjukkan dibuka dengan pementasan Indonesian Children Gamelan yang dibawakan oleh Indonesian Performing Arts (IPAC).. Sendratari Ramayana dibagi 3 babak, yaitu pementasan Ramayana versi Indonesia yang memerankan babak pertama dari keseluruhan cerita, Ramayana versi Thailand  yang memerankan babak kedua, dan Ramayana versi India yang babak ketiga yang merupakan akhir cerita, serta diakhiri dengan penampilan gabungan (Indonesia, Thailand dan India). Ramayana versi Indonesia dibawakan oleh para penari yang terdiri dari  masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Performing Arts Chicago (IPAC). Disamping itu, penampilan Indonesia juga dimeriahkan dengan pementasan Gamelan Bali yang dibawakan oleh kelompok Gamelan Bali dari Kansas city yang anggotanya terdiri dari warga Amerika.

 

Dari keseluruhan pertunjukkan Ramayana, penampilan Ramayana versi Indonesia nampak lebih menonjol dibanding dengan versi India dan Thailand, khususnya dilihat dari kekayaan ragam gerak tari yang luwes dan kemeriahan kostum. Penampilan gamelan anak-anak, gamelan Bali dan sendratari Ramayana versi Indonesia mendapat perhatian khusus dan sambutan yang sangat baik dari para penonton, hal ini dibuktikan dengan antuasiasme mayoritas penonton yang menghampiri artis-artis penari dan pemain gamelan Indonesia, berfoto bersama dan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tentang seni budaya Indonesia. Pameran Seni Budaya dan Pariwisata Indonesia-pun ramai dikunjungi penonton.

 

IRNA merupakan organisasi non-profit di Illinois yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran literatur, pengetahuan dan seni budaya yang mengandung aspek-aspek Ramayana di beberapa negara. Seni budaya Ramayana dikenal di beberapa negara, seperti Bhutan, Kamboja, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Sri Lanka, Suriname, Thailand dan Vietnam - yang disebut juga sebagai Ramayana Countries. Anggota IRNA Illinois adalah Indonesia, India, dan Thailand. Setiap dua tahun secara bergiliran anggota IRNA berperan sebagai tuan rumah penyelenggara pertunjukan sendratari Ramayana. (Sumber: KJRI Chicago)