Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Pendataan Mahasiswa Indonesia yang belajar di AS     |       PENDAFTARAN ITSBAT NIKAH DI KJRI CHICAGO     |       Facebook KJRI Chicago     |       

Berita Perwakilan

DUBES RI RESMIKAN INDONESIAN CULTURAL CENTER (ICC) CHICAGO

Selasa, 31 Desember 2013

icc

Dalam kunjungan ke Chicago, pada tanggal 21 Desember 2013, Dubes RI untuk AS, didampingi Ibu Rosa Rai Djalal, meresmikan Indonesian Cultural Center (ICC) Chicago. ICC yang dikelola oleh KJRI Chicago berlokasi di 711 West Grand Avenue Chicago, IL 60654. Peresmian ICC ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dubes RI untuk AS dan Ibu Rosa Rai Djalal, dilanjutkan dengan penandatanganan plakat peresmian ICC.

 

Konjen RI di Chicago, Andriana Supandy, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ICC telah lama diupayakan oleh KJRI Chicago dan pada akhirnya dapat terwujud. KJRI Chicago memandang perlunya dibentuk ICC mempertimbangkan tingginya minat masyarakat setempat untuk mengenal lebih jauh seni dan budaya Indonesia. ICC ini nantinya diharapkan dapat menampung berbagai macam kegiatan, baik yang dilakukan oleh KJRI maupun kelompok-kelompok masyarakat, yang tujuannya adalah mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat dan dalam rangka meningkatkan kerja sama people-to-people contact.

 

Terbentuknya ICC ini merupakan suatu capaian KJRI Chicago, demikian diutarakan oleh Dubes RI untuk AS. Selain itu, Dubes RI berpesan agar dalam pelaksanaan kegiatannya ICC tetap bertujuan pada upaya pelestarian dan promosi budaya Indoensia dengan tidak menutup diri terhadap modifikasi atau pengembangan-pengembangan baru/fusion terhadap seni dan budaya Indonesia. Hal ini agar seni dan budaya Indonesia semakin mudah dikenal dan digemari oleh masyarakat setempat.

 

Peresmian ICC ini dimeriahkan oleh penampilan seni tari dan musik tradisional Jawa oleh Tim Kesenian KJRI Chicago. Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Midwest menyambut hangat hadirnya ICC di Chicago ini. Mereka berharap ICC dapat semakin mempererat kerja sama dan kemitraan antara KJRI Chicago dengan kelompok-kelompok masyarakat dalam mempromosikan Indonesia.

 

Sejak tahun 1998, dalam rangka mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada publik setempat, KJRI Chicago telah memfasilitasi pelatihan seni tari dan musik tradisional Indonesia kepada masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya serta masyarakat Chicago. Tim Kesenian KJRI Chicago ini telah tampil dan berpartisipasi dalam sejumlah event di seluruh wilayah Midwest. KJRI Chicago memiliki beberapa pegawai setempat yang mempunyai keahlian khusus di bidang seni dan budaya Indonesia.

 

Di wilayah Midwest, terdapat beberapa kelompok/sanggar kesenian Indonesia yang senantiasa aktif mempromosikan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat. Kelompok/sanggar seni tersebut memfasilitasi pelatihan seni tari dan musik tradisional Indonesia kepada masyarakat setempat. Kelompok-kelompok tersebut antara lain adalah Indonesian Performing Arts of Chicago (IPAC), Friends of the Gamelan (FROG), Indonesia Dance of Illinois (IDI), Sumunar Minnesota, dan Sanggar Bhinneka Tunggal Ika Michigan. Selain itu, kelompok mahasiswa Indonesia (Permias) di universitas-universitas di wilayah Midwest, seperti Permias Chicago, Permias University of Illinois at Urbana Champaign (UIUC) dan Permias lainnya juga secara aktif mengadakan kegiatan tahunan yang bertujuan memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat setempat. Keberadaan ICC ini nantinya diharapkan dapat memfasilitasi dan menjadi hub bagi kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia di wilayah Midwest.

 

Selain pelatihan seni tari dan musik, ICC juga secara rutin akan menyelenggarakan pelatihan Bahasa Indonesia, pemutaran film Indonesia, diskusi, workshops dan juga berbagai pertunjukan kesenian serta kegiatan-kegiatan dalam rangka people-to-peole contact. (Sumber: KJRI Chicago)




Kantor KJRI Chicago


Chicago

2015 Arts and Culture Scholarship


Trade Report 2013


Media Advisory Bali Democracy Forum VII 2014


KONSULER


Konsuler


Orang Utan


ASEAN 2011

running9Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2011
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan