Resepsi Diplomatik peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 17 September 2009, KBRI Caracas telah menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64. Acara resepsi yang diselenggarakan di Wisma Duta dihadiri oleh 397 tamu undangan dari kalangan diplomatik, pejabat pemerintah setempat, kalangan pengusaha, perwakilan media massa, warga Indonesia dan masyarakat setempat simpatisan Indonesia.
 
Dalam sambutannya, Duta Besar RI Caracas memaparkan pencapaian Indonesia yang mampu bangkit kembali dari berbagai bencana alam, ancaman terorisme, krisis ekonomi dan peningkatan kehidupan berdemokrasi melalui pemilu legislatif serta pemilu presiden dan wakil presiden yang baru lalu sebagai tahapan dalam mengisi kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan oleh para pendiri bangsa 64 tahun silam. Duta Besar RI Caracas juga menyampaikan harapan untuk dapat meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dengan Venezuela yang bulan Oktober 2009 ini akan memperingati 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara. 
 
Acara yang berlangsung meriah ini juga dipergunakan sekaligus sebagai ajang untuk mempromosikan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Selain suguhan makanan khas Indonesia, para undangan juga berkesempatan menikmati pertunjukan budaya yang menampilkan kelompok musik angklung dan kolintang yang dibawakan oleh murid-murid Sekolah Republik Indonesia serta tarian tradisional yang dibawakan oleh Grup Tari KBRI Caracas.
 
Penampilan kelompok musik angklung dan kolintang mendapat perhatian khusus dari tamu undangan yang berulang kali mengungkapkan kekaguman terhadap alat musik tradisional khas Indonesia yang dapat digunakan untuk memainkan lagu-lagu khas bukan hanya asal Indonesia tetapi juga Venezuela dan internasional.