Pertemuan ke-1 Asean Committee in Caracas (ACC) tahun 2016

Pada tanggal 2 Pebruari 2016, Dubes Malaysia memimpin Pertemuan ASEAN Committee in Caracas (ACC) Pertama di Kediaman. Pertemuan  dihadiri oleh Dubes Malaysia (Mahinder Singh), Dubes Vietnam (Ngo Tien Dung) dan KUAI RI beserta staf. Malaysia memimpin ACC untuk periode Januari-Juli 2016.

Pertemuan telah membahas mata acara sebagai berikut:

  • Diskusi mengenai hasil-hasil penting pertemuan ASEAN, yakni Pertemuan Pertama ASEAN-Russia EPG untuk mempersiapkan KTT Peringatan 25 Tahun ASEAN-Rusia dan Konperensi Koordinasi ke-8 ASEAN Political Security Community (APSC).
     
  • Seminar mengenai "ASEAN dan Amerika Latin" kerjasama antara ACC dengan SELA (Sistema Economico Latinoamericano y del Caribe). Seminar akan diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2016 di Sekretariat SELA dan dihadiri oleh 100 orang undangan dari pemerintah, Korps Diplomatik dan akademisi/pakar dari Universitas di Caracas.

Pertemuan sepakat pentingnya Seminar tersebut untuk menyebarluaskan capaian-capaian ASEAN. Dalam kaitan ini, Malaysia akan menyampaikan capaian di Pilar Politik-Keamanan, Vietnam di Pilar Ekonomi dan Indonesia di Pilar Sosial-budaya. Masing-masing kedubes ACC juga akan menyumbangkan makanan ringan.

Selain itu, akan diundang pembicara dari "Alliance of the Pacific", "Secretariat for Central American Economic Integration" (SIECA), MERCOSUR, CARICOM dan "Andean Community" (CAN).

 

Pertemuan berikutnya akan diselenggarakan hingga kedatangan Dubes RI yang baru (PF Politik).