Pertemuan Asean Committee in Caracas (ACC) ke-3

​Pada tanggal 27 Juni 2016, Dubes Malaysia memimpin Pertemuan ASEAN Committee in Caracas (ACC) ke-3 di Kedubes Malaysia. Pertemuan  dihadiri oleh Dubes Indonesia dan Dubes Vietnam (Ngo Tien Dung) beserta staf. Malaysia memimpin ACC untuk periode Januari-Juli 2016.

​Pertemuan telah membahas mata acara sebagai berikut:

  • Diskusi mengenai perkembangan terakhir dalam negeri Venezuela. Dubes Malaysia mengapresiasi langkah Venezuela yang dapat meredam upaya Sekjen Organisasi Negara-negara Amerika (OAS) untuk membekukan keanggotaan Venezuela di OAS. Namun, para negara anggota juga mengharapkan Venezuela dapat mengatasi masalah dalam negerinya agar tidak berimbas ke kawasan.
     
  • Dubes Indonesia melaporkan wawancara yang dilakukan dengan CNN Indonesia pada tanggal 24 Juni 2016, di antaranya: langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah Venezuela dan situasi terkini yang tidak separah sebagaimana digambarkan oleh beberapa media internasional.
  • ​Terkait persiapan KTT GNB, Kedubes Malaysia telah bertemu dengan pihak protokol Kemlu Venezuela dan diperoleh informasi bahwa persiapan tetap dilakukan dan Menlu Venezuela akan mengadakan pertemuan dengan para dubes anggota GNB untuk memberikan penjelasan terkait pelaksanaan KTT GNB.
     
  • Dubes Malaysia dan Vietnam akan mengakhiri masa tugasnya dan kembali ke negaranya masing-masing pada tanggal 7 Juli 2016 dan 8 Agustus 2016. Sesuai tradisi, kepemimpinan ACC seharusnya beralih ke Vietnam, namun mengingat Dubes Vietnam belum dapat dipastikan ketibaannya, maka Dubes Malaysia meminta kesediaan Dubes RI untuk memimpin ACC selama periode Juli-Desember 2016. Dalam hal ini, Dubes RI menyatakan kesediaannya (PF Politik).