Pertemuan Bisnis antara Pengusaha Indonesia - Afrika Selatan di Bidang Ekonomi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 04 Agustus 2010, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town menggelar pertemuan bisnis dengan pengusaha Afrika Selatan di Cape Town. Pertemuan bisnis yang diadakan di kantor KJRI tersebut, dihadiri oleh pengusaha Afrika Selatan di Cape Town dan beberapa pejabat dari institusi pemerintah seperti Cape Chamber of Commerce, The Western Cape Investment and Trade Promotion Agency, Western Cape Business Opportunity Forum dan Cape Town Routes Unlimited.

Pertemuan dibuka oleh Konsul Jenderal RI di Cape Town Ibu Sugie Harijadi yang antara lain dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya pertemuan ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan di bidang ekonomi, khususnya perdagangan dan pariwisata. Pada kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI di Cape Town juga menyampaikan bahwa KJRI di Cape Town akan senantiasa membantu dan memfasilitasi para pengusaha Afrika Selatan untuk melakukan hubungan perdagangan, investasi dan pariwisata di Indonesia maupun sebaliknya.

Pejabat Fungsi Ekonomi Bapak Dharmaginta Thanos memberikan presentasi secara komprehensif mengenai potensi perdagangan dan investasi yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam presentasi disampaikan bahwa angka perdagangan antara Indonesia dan Afrika Selatan khususnya provinsi Western Cape dalam tiga tahun terakhir selalu mengalami kenaikan dan memberikan posisi yang surplus bagi Indonesia. Diharapkan, perdagangan Indonesia - Afrika Selatan dalam tahun-tahun mendatang akan terus mengalami peningkatan dan tidak hanya akan menguntungkan bagi Indonesia saja namun juga bagi Afrika Selatan. Oleh sebab itu, forum pertemuan seperti ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih meningkatkan hubungan kedua negara di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.