Bertemu LEADers Di Cape Town

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Selasa, 09 November 2010, Konsul Jenderal RI di Cape Town dan Bapak Harijadi Warsosumarto telah menerima audiensi dari 9 (Sembilan) orang anggota delegasi Indonesia ke-15 pada pelatihan yang berlangsung di kota Port Elizabeth, Provinsi Eastern Cape yang merupakan salah satu wilayah kerja Konsulat Jenderal RI di Cape Town (KJRI di Cape Town). Acara yang dikemas dalam format jamuan makan malam tersebut, berlangsung di Wisma Indonesia-Cape Town, dan dihadiri oleh seluruh Pejabat KJRI di Cape Town dengan Konsul Jenderal RI di Cape Town.

Dalam acara yang berlangsung santai dan akrab itu, para LEADers (begitulah mereka menyebut dirinya) selain memberikan penjelasan mengenai hasil pertemuannya di Port Elizabeth, juga mengadakan diskusi dengan Konsul Jenderal dan para Pejabat KJRI. Mengawali sambutannya, Bapak Asoka, sebagai perwakilan para LEADers, mengucapkan terima kasih atas sambutan dan bantuan berupa yang diberikan oleh KJRI di Cape Town selama rombongan mereka berada di Afrika Selatan. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Indonesia melalui Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (YPB), telah melaksanakan pelatihan Leadership for Environment and Development (LEAD), sebuah pelatihan kepemimpinan berbasis konsep pembangunan dan lingkungan hidup. Pelatihan dilaksanakan setiap tahun, dan tahun ini merupakan cohort ke-15 yang diikuti oleh 18 orang mid-career profesional yang dipilih secara selektif dari berbagai kalangan dan profesi. Dalam konteks nasional, pelatihan dengan tema Population, Climate Change and Develoment, telah dilaksanakan sejak April 2010 dan berakhir pada Agustus 2010. Setelah menyelesaikan pelatihan di dalam negeri, mereka mengikuti sesi pelatihan internasional yang dilaksanakan di Port Elizabeth pada 31 Oktober – 6 November 2010. Pelatihan semacam ini penting untuk diikuti agar setiap unsur masyarakat dapat menyadari bahwa isu lingkungan merupakan hal yang patut menjadi perhatian bersama karena hal tersebut menyangkut kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI di Cape Town, selain menyampaikan selamat datang kepada semua delegasi, dan mengulas secara singkat tentang arti pentingnya masalah lingkungan; juga menjelaskan tentang tugas pokok Perwakilan RI di Cape Town, selaku Perwakilan tingkat Konsuler yang intinya adalah “melindungi kepentingan Negara Republik Indonesia termasuk WNI dan Badan Hukum Indonesia di wilayah kerjanya yang meliputi Provinsi Western Cape, Eastern Cape, Northern Cape dan Orange Free State; serta melakukan promosi baik dalam bidang ekonomi termasuk industri pariwisata dan sosial budaya, di seluruh wilayah kerja tersebut”. Menurut Konsul jenderal, dalam melaksanakan tugasnya tersebut, tentu perwakilan juga perlu didukung oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, dalam kesempatan jamuan makan malam tersebut, Konsul Jenderal RI menghimbau agar para LEADers yang hadir malam itu, baik yang berasal dari kalangan pemerintah, pebisnis, perbankan, jurnalis, LSM, dan lain sebagainya, dapat membantu menyukseskan visi dan misi Perwakilan Indonesia di Luar Negeri, utamanya KJRI di Cape Town, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

(Indonesia - Cape Town)