HIMBAUAN KEPADA WNI TERKAIT PENYEBARAN VIRUS ZIKA

2/16/2016

Sehubungan Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Zika, Organisasi Kesehatan Dunia (Worlde Health Organization-WHO) telah menetapkan status penyebaran penyakit virus Zika  sebagai situasi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia atau Public Health Emergency of International Concern .

 

Dalam rangka melindungi masyarakat Inonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit yang bersumber dari Zika , mohon diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berkunjung ke negara sedang terjadi KLB penyakit Virus Zika untuk menghindari diri dari gigitan nyamuk dengan cara memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles anti nyamuk dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa anti nyamuk. WNI mengalami gangguan kesehatan di negara KLB dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

     
  2. Wanita hamil dianjurkan sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat, ujar Menkes.

     
  3. Negara-negara yang mengalami KLB Virus Zika, yaitu Brazil, Cape Verde, Colombia, El Savador, Honduras, Martinique, Panama, dan Suriname. Sedangkan negara-negara yang memiliki status transmisi aktif, yaitu: Barbados, Bolivia, Curacao, The Dominican Republic, Ecuador, Fiji, French Guiana, Guadalope, Guatemala, Guyana, Haiti, Meksiko, New Caledonia, Nicaragua, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Samoa, Tonga, Thailand, US Virgin Islands, dan Venezuela.

     
  4. Bagi WNI yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor emergency hotline sebagai berikut:

+61.450.475.094 (KBRI Canberra)

+61.467.227.487 (KJRI Sydney)

+61.477.007.075 (KJRI Melbourne)

+61.499.772.978 (KJRI Perth)

+61.438.843.040 (KRI Darwin)