Partisipasi KBRI dalam National Multicultural Festival 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Canberra pada hari Sabtu tanggal 12 Februari 2011 turut berpartisipasi dalam kegiatan tahunan National Multicultural Festival 2011, yang merupakan satu dari dua festival besar di ibukota Australia ini. Partisipasi berbentuk pembukaan stall Indonesia serta penampilan kesenian Indonesia sepanjang 40 menit.

Pada stall Indonesia dihadirkan aneka brosur dari berbagai wilayah di Indonesia, serta kalender yang berisi berbagai informasi tentang cara untuk menghubungi KBRI Canberra melalui telefon, fax, e-mail dan website. Tema khusus stall Indonesia adalah tenun ikat Nusa Tenggara Timur dengan kehadiran khusus alat pemintal asli yang didatangkan dari Kupang maupun pengrajin tenunnya. Pengunjung dapat mencoba sendiri menenun kain ikat sekaligus berfoto bersama alat penenun tersebut.

KBRI juga mengkoordinir penampilan 4 buah tarian dalam jatah waktu 40 menit yang diberikan kepada Indonesia di Petrie St. Stage pada jam yang sangat primetime yaitu jam 1 siang di hari Sabtu tersebut. Empat tarian tersebut adalah Tari Jaranan Senterewe dari Jawa, Tari Jauk Manis asal Bali, Tari Angguk Ndolalak dari Jawa Timur, serta Tari Kataga asal Nusa Tenggara Timur. Setelah ke-4 tarian tersebut, para penari asal Kupang memperagakan kain tenun ikat khas daerah Nusa Tenggara Timur yang beraneka warna dan berragam motif. Setelah penampilan di panggung tersebut, para penari menyediakan dirinya untuk difoto bersama para pengunjung yang tertarik.

Sebagai bentuk partisipasi KBRI Canberra dalam festival setempat, stall dan penampilan panggung tersebut merupakan bentuk people-to-people contacts yang dapat semakin memperkenalkan budaya Indonesia di antara para penduduk Canberra khusunya dan warganegara Australia pada umumnya.