PUBLIK AUSTRALIA DAN INDONESIA MENYEMARAKKAN FESTIVAL INDONESIA 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Lebih dari 2000 masyarakat Australia dan Indonesia berbaur di Festival Indonesia 2010 untuk menikmati makanan dan pertunjukan seni budaya Indonesia.  Festival ini merupakan pesta rakyat Indonesia  sebagai puncak rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65. Festival ini diselenggarakan pada tanggal 18 September 2010 bertempat di halaman KBRI Canberra. Acara yang digelar sejak pukul 10 pagi hingga 3.00 sore dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI, Primo Alui Joelianto.

            Festival kali ini menampilkan wajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Tari Saman yang merupakan tarian tradisional Aceh hingga lagu Sajojo asal Papua. Berbagai tarian Nusantara lainnya seperti tari Baris dari Bali, tari Giring-Giring dari Kalimantan Timur turut tampil dalam menyemarakan suasana.  Yang sangat istimewa dari Festival kali adalah penampilan Kelompok Indonesia Mini yang membawakan 14 lagu daerah Indonesia serta  group mahasiswa Papua dengan lagu-lagu khas Papua. Kedua kelompok ini berhasil mengajak penonton bergoyang di depan panggung, baik masyarakat Indonesia dan Australia, tua maupun muda, larut dalam kegembiraan bersama alunan musik yang didendangkan. Selain tari dan lagu, ada juga peragaan busana dari Dhamawanita yang menampilkan busana batik dan pakaian Nusantara. Tidak ketinggalan, anak-anak yang tergabung dari Taman Pengajian Anak Ceria turut serta memeriahkan acara dengan lagu-lagu perjuangan Indonesia. “It is such a remarkable festive” komentar salah satu diplomat Filipina yang berkunjung.

            Tentu saja yang tak kalah menariknya adalah gerai makanan Indonesia, mulai dari soto dan sate padang, gulai kambing, nasi goreng, siomay, soto ayam, mie bakso, mie goreng, sate kambing, asinan, risoles, pastel dan berbagai makanan khas nusantara lainnya. Berbagai gerai produk Indonesia tidak kalah dipadati pengunjung asing. Produk yang terdiri dari batik, tas, sepatu dan aksesoris Indonesia menarik minat banyak pengunjung.

            Disamping acaranya yang meriah, Panitia bekerjasama dengan asosiasi mahasiswa  Indonesia Gerakan Lima Dolar (GELAR) mengadakan raffle ticket dengan juga menyediakan berbagai hadiah menarik, antara lain berupa 3 (tiga) buah tiket pesawat ekonomi dari Australia ke Indonesia, home theatre, notebook, ipad, dan handphone. Khusus untuk 3 (tiga) tiket pesawat, disponsori oleh Garuda Indonesia dan Netfare Travel. Hasil raffle ticket akan digunakan untuk membantu pendidikan sekolah dan para siswa  di Indonesia.

Dalam Festival ini juga dibagikan sejumlah medali dan hadiah bagi para pemenang pertandingan olahraga dan karaoke yang diselenggarakan sejak Juli 2010 sebagai bagian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65. Mengingat suksesnya penyelenggaraan Festival Indonesia  yang ketiga kalinya sejak 2008 ini telah memperkuat KBRI Canberra mempunyai komitmen untuk menjadi acara ini sebagai acara tahunan guna mempromosikan seni, budaya dan pariwisata Indonesia dan memperkaya kehidupan multikultur kota Canberra