Kunjungan Kerja Ketua Panitia Akuntabilitas Publik, Dewan Perwakilan Daerah RI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ketua Panitia Akuntabilitas Publik Dewan Perwakilan Daerah (PAP DPD) RI, Prof. Dr. Farouk Muhammad telah melakukan kunjungan kerja ke Canberra, Australia, 27 April 2011. Dalam kunjungan kerja dimaksud, Ketua PAP DPD melakukan pertemuan dengan Australian Committee on Law Enforcement Integrity (ACLEI), Attorney General’s Department (AGD) dan AusAID.
 
Pada pertemuan dengan ACLEI dan AGD, hadir antara lain Komisioner ACLEI, Phillip Moss, First Assistance Secretary-International Crime Cooperation Division-AGD, Maggie Jackson beserta staf. Dalam pertemuan, Komisioner Moss memberikan informasi mengenai peran dan fungsi ACLEI yang antara lain melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas lembaga atau lembaga penegak hukum Australia. Komisioner Moss menyampaikan apresiasinya atas kerjasama pemberantasan korupsi selama ini antara Australia dan Indonesia khususnya melalui MOU kerjasama antara KPK dan Instansi terkait Australia yang telah berjalan baik melalui berbagai program peningkatan kapasitas.
 
Sementara itu Ketua PAP DPD menyampaikan bahwa kunjungannya kali ini dimaksudkan untuk menggali informasi dan pengalaman Australia dalam memberantas korupsi, khususnya di tingkat negara bagian. Ketua PAP DPD juga menyampaikan bahwa sistem pengawasan di Australia sangat penting sebagai salah satu bahan masukan untuk penanganan korupsi di daerah.
 
Pada kesempatan kunjungan, Ketua PAP DPD juga melalukan pertemuan dengan AusAID yang diwakili oleh Mat Kimberley, Director Indonesia Program dan Luke Arnold, Policy Analyst. Dalam pertemuan pihak AusAID menyampaikan beberapa program bantuan dan kerjasama yang telah dilakukan dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia antara lain melalui Australia-Indonesia Partnership for Decentralisation. Program kemitraan dimaksud difokuskan pada bidang penguatan masyarakat sipil, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perubahan iklim dan penanganan bencana, yang khususnya dilakukan di kawasan timur Indonesia. Salah satu bentuk bantuan kepada daerah pemilihan Ketua PAP-DPD di Nusa Tenggara Barat adalah pemberian 89 beasiswa pasca sarjana untuk belajar di berbagai universitas di Australia.
 
Dalam pertemuan Ketua PAP DPD menyambut baik berbagai program yang telah dilakukan AusAID. Ketua PAP DPD juga mendorong agar AusAID dapat mendesain program-program yang terkait dengan peningkatan akuntabilitas dan integritas instansi dan lembaga pemerintah daerah. Pihak AusAID menyambut baik rencana dimaksud dan bersedia untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai pemikiran tersebut dengan PAP-DAD.
 
Dalam kunjungan yang berlangsung baik dan mencapai hasil positif tersebut Ketua PAP DPD didampingi oleh pejabat Fungsi Politik dan Atase Polisi KBRI Canberra. (Sumber KBRI Canberra)

Canberra, 28 April 2011