Siaran Pers Floriade 2009

10/6/2009

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA
CANBERRA

PRESS RELEASE
No. :  08/PEN/X/09

PENAMPILAN TIM KESENIAN INDONESIA MERIAHKAN
FESTIVAL FLORIADE 2009  DI CANBERRA
 
 
Dalam rangka promosi budaya Indonesia kepada publik Australia sekaligus menyemarakan kegiatan festival tahunan musim semi di Canberra - “Festival Floriade”, pada hari Minggu tanggal 4 Oktober 2009 Kedutaan Besar RI di Canberra telah berpartisipasi pada Festival tersebut dengan menampilkan empat tarian tradisional dan pertunjukan musik kontemporer Indonesia.
 
Pertunjukan budaya Indonesia yang berlangsung sekitar dua jam pada Festival Floriade tersebut diawali dengan ‘moment of silent’ sebagai tanda belasungkawa bagi para korban gempa di Sumatera yang dipimpin oleh Atase Pendidikan Nasional dan dibuka dengan penampilan tarian “Giring-Giring” dari Kalimantan Timur, dan dilanjutkan dengan tarian “Kuda Kepang” dari Jawa Tengah, tarian Enggang dari Kalimantan Timur serta tarian “Baris” dari Bali. Penampilan kesenian tersebut dibawakan oleh para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam wadah Perhimpunan Pelajar Indonesia-Australia (PPIA) wilayah ACT dibawah asuhan Sanggar Isti di Canberra binaan Atdiknas KBRI Canberra. Walaupun cuaca saat itu diliputi mendung dan udara dingin, ratusan pengunjung yang hadir tampak antusias memadati tempat pertunjukan di Floriade Park Stage untuk melihat penampilan tim kesenian Indonesia. 
 
Acara diakhiri dengan penampilan kelompok musik “Bromocorah” yang terdiri dari para 6 mahasiswa Indonesia dan seorang mahasiswi Australia yang mengusung lagu-lagu karya anak negeri - pop dan dangdut. Para pengunjung yang hadir tampak menikmati penampilan kelompok musik ini yang digawangi oleh para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPIA ACT.
 
 Festival Floriade merupakan kegiatan festival tahunan pameran Bunga Tulip yang  terbesar di belahan bumi Selatan yang dihadiri oleh sekitar ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya. KBRI Canberra tidak pernah absen berpartisipasi dalam Festival ini karena merupakan icon kegiatan Ibukota Canberra. Selain pameran bunga, festival yang berlangsung selama sebulan ini turut menampilkan kegiatan pertunjukan musik dan budaya dari berbagai negara, serta sarana rekreasi keluarga. Tahun 2009 ini, Festival Floriade mengusung tema “Mind, Body and Soul”.

Perwakin Canberra,  6 Oktober  2009