Dubes RI Canberra Menyematkan Tanda Jasa Republik Indonesia kepada Auditor-Jenderal Australia

3/2/2010

KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA
CANBERRA
Siaran Pers Nomor: 08/PR/PEN/III/2010

 
Dubes RI Canberra Menyematkan Tanda Jasa Republik Indonesia kepada Auditor-Jenderal Australia

 
Auditor-Jenderal Australia, Mr. Ian McPhee, telah menerima penganugerahan Tanda Kehormatan “Bintang Jasa Utama” dari Presiden RI. Penyematan tanda jasa tersebut dilakukan oleh Duta Besar RI, Bapak Primo Alui Joelianto, dalam upacara sederhana namun khidmat yang diselenggarakan di ruang pertemuan Balai Kartini – KBRI Canberra pada tanggal 26 Februari 2010.
 
Penganugerahan tersebut turut disaksikan oleh Wakeppri; Mrs. Erica McPhee (istri), wakil dari Australian National Audit Office (ANAO) yakni Deputy Auditor-General, Mr. Steve Chapman; Executive Director-IT Unit, Mr. Wayne Jones; dan Executive Director-Corporate Management, Ms. Anya Moore; wakil dari Depludag Australia, Ms. Gillian Bird (Deputy Secretary) dan Mr. John Fisher (Indonesia, Regional Issues and East Timor Branch); wakil dari AusAID, Ms. Eloise Saif; seluruh Home Staff KBRI Canberra; serta sejumlah pejabat BPK RI, DPR-RI dan DPD-RI yang tengah menghadiri pelatihan Parliamentary Financial Scrutiny Course for Indonesia yang diselenggarakan oleh Centre for Democratic Institution (CDI) di Canberra.
 
Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama kepada Auditor Jenderal Australia merupakan pengakuan atas peran penting pimpinan BPK Australia tersebut di dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dan Australia di bidang tata kelola keuangan negara. Yang bersangkutan secara khusus telah memberikan kontribusi besar bagi pelaksanaan tugas konstitusional BPK RI dan pengembangan kapasitas Pemeriksa BPK RI.
 
Peranan Mr. Ian McPhee di antaranya adalah menjadi anggota Advisory Group memberikan nasihat dan bantuan teknis kepada BPK RI untuk mengaudit bantuan keuangan bencana tsunami di propinsi NAD dan Nias; piloting project pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan keuangan berbasis resiko; memberikan berbagai masukan dalam penyusunan juklak dan juknis pemeriksaan kinerja serta pemeriksaan keuangan; mendukung pengembangan kapasitas Pemeriksa BPK melalui pengadaan pelatihan dan secondment bagi Pemeriksa BPK RI; dan memberikan masukan tentang organisasi dan peranan Panitia Akuntabilitas Publik di Parlemen tentang perbaikan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara.
 
Dalam sambutannya, Dubes RI antara lain mengucapkan terima kasih kepada Ian McPhee atas sumbangsihnya yang besar sekali kepada Indonesia dan dalam peningkatan hubungan kerjasama Indonesia-Australia. Dalam sambutan balasannya, Auditor-Jenderal Australia menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Indonesia atas pemberian tanda jasa dimaksud yang dinilainya turut merefleksikan penguatan hubungan kedua negara.
 
Canberra, 01 Maret 2010