Acara Apresiasi untuk Scouts Australia

5/3/2010

PRESS RELEASE no. : 015/PR/PEN/IV/2010
 
ACARA APRESIASI UNTUK SCOUTS AUSTRALIA
 
Sebagai bentuk apresiasi untuk Scouts Australia atas kerjasamanya yang berkelanjutan dengan Pramuka Indonesia, dan sebagai rasa terima kasih atas berbagai kegiatan sosialnya di Indonesia, maka KBRI Canberra mengundang 40 pramuka dari Scouts Australia cabang ibukota untuk ramah-tamah dan makan malam bersama di KBRI Canberra pada tanggal 29 April 2010. Dipimpin oleh Mr. Neville Tomkins, Chief Commissioner dari Scouts Australia cabang negara bagian Australian Capital Territory, hadir para pramuka dan para pembina mereka dari berbagai gugus di Canberra.
 
Dalam pidato sambutannya, Duta Besar Primo Alui Joelianto mengatakan bahwa Scouts Australia dan cabangnya di negara bagian A.C.T. mutlak memahami betapa Indonesia menghargai kegiatan sosial yang dilakukan para pramuka asal A.C.T. di Lombok. Dubes RI mencatat juga bahwa hubungan baik antara Pramuka di Indonesia dan Scouts Australia berarti bahwa mereka dapat saling mendukung di organisasi internasional serta dalam menyelenggarakan kegiatan yang saling menguntungkan.
 
Kepala Scouts Australia negara bagian A.C.T. dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada Dubes RI beserta jajarannya atas perhatian dan dukungannya selama ini bagi Scouts Australia dan atas undangannya untuk mengunjungi KBRI guna menunjukkan hasil kerja bakti Scouts Australia di Lombok pada tahun 2008 maupun rencananya saat mengunjungi Lombok lagi di bulan Juli 2010.
 
Setelah itu, panggung diserahkan kepada lima orang dari Scouts Australia untuk menyampaikan presentasi foto dan video mengenai berbagai hasil yang mereka peroleh selama di Lombok dua tahun yang lalu. Selanjutnya, wakil dari Scouts Australia menyematkan kepada Dubes RI sebuah badge unik dari Scouts Australia serta sebuah ikat leher yang memperingati 100 tahun gerakan pramuka di Australia. Para pramuka juga memberi sebuah bingkai besar yang berisi foto-foto kenangan dari masa-masa kerja bakti mereka di Lombok guna menunjukkan rasa suka cita mereka di Lombok maupun manfaat yang mereka datangkan untuk desa tempat mereka tinggal selama di Indonesia.
 
KBRI membalas pemberian tersebut dengan menyajikan sebuah tarian Bali, buku dan kalender Indonesia untuk setiap pramuka, serta makan malam asli Indonesia yang terdiri dari (antara lain) Soto Ayam Komplit, Krupuk Udang, serta aneka buah. Di akhir acara, para anggota Scouts Australia ini pulang dengan kenyang, dan bersemangat untuk segera memulai kerja bakti mereka di Lombok.
 
Canberra, 30 April 2010